banner idul fitri
KesehatanTaskforce HIV-AIDS

5 pilar mutu hidup odha. Semua Harus Tahu

Avatar photo
74
×

5 pilar mutu hidup odha. Semua Harus Tahu

Sebarkan artikel ini

delinews24.net

Dalam perkembangan program penanggulangan  HIV (human immunodeficiency virus)  selama ini,ada beberapahal yang di kaji oleh para ahli terkait mutu hidup ODHA,yaitu

5 pilar mutu hidup ODHA.

1. ODHA memiliki kepercayaan diri

2. Memilik pengetahuan tentang HIV

3. Memiliki akses layanan PDP

4. Tidak menularkan virus ke orang lain

5. Melakukan kegiatan positif dan produktif.

Kelima pilar ini mungkin juga berlaku bagi orang yang mengalami infeksi Tuberkulosis/TB. Namun dalam proses 5 pilar tersebut, ternyata juga memiliki hambatan. Beberapa hal di kaji, berpusat pada Akses dan pemahaman pengetahuan informasi secara merata di masyarakat terkait HIV , Aids, ARV, Tuberkulosis, Obat Anti TB/OAT.

Hal ini berlaku pada informasi pada dasarnya Hambatan lain yang muncul dan merupakan hal yang juga klasik yakni mitos yang ada di masyarakat, dan tentu saja Stigma dan Diskriminasi.

Stigma pada Era ini tidak hanya muncul dari masyarakat, namun juga mengerucut pada stigma pada diri sendiri. Pertanyaannya ialah bagaimana solusi dari setiap permasalahan yang ada? Bagaimana 5 pilar mutu hidup dapat di praktekan pada ODHA atau orang dengan TB? Siapa yang seharusnya memahami informasi dasar tentang HiV dan TB?

Yang menjadi tujuan kajian ini ialah bagaimana mendorong program eliminasi dari pemerintah dapat terjadi. Kita tau program pengendalian infeksi ini sudah di gaungkan oleh pemerintah bahkan seluruh dunia. Sudah banyak. 3 zero, Program triple 95, STOP TB dan lain sebagainya.

Namun, apakah perkembangan tidak terjadi? Tentu terjadi. Untuk akses obat misalnya, layanan kita sudah berkembang pesat utk Program HIV dan TB dalam hal akses pengobatan. Lalu masalahnya dimana? Yang saya kaji dalam hal pemerataan informasi. Ya, informasi dasar saja. Namun perkembangan dalam kualitas layanan pendukung bagi ODHA dan orang dengan TB, juga perlu ditingkatkan , misal layanan pemeriksaan Viral Load, layanan bedah/operasi bedah lainnya selain secar yang sudah bisa di lakukan di Deli Serdang, dan layanan lainnya.

Pertanyaan lain yang yakni, siapa yang bisa mendukung tercapainya 5 pilar mutu kualitas hidup ODHA dan Orang dengan TB. Ya, kita semua. Seluruh elemen masyarakat. Inovasi pada kebijakan pemerintah untuk program penanggulangan dan eliminasi ini juga sangat berperan penting.

(ANTONO)