banner idul fitri
Breaking News

Aktivis dan DPP LIPAN Sampaikan Tuntutan ke Kajari Lubuk Pakam Terkait Kinerja Bapenda Deli Serdang

Avatar photo
545
×

Aktivis dan DPP LIPAN Sampaikan Tuntutan ke Kajari Lubuk Pakam Terkait Kinerja Bapenda Deli Serdang

Sebarkan artikel ini

Aktivis dan DPP LIPAN Sampaikan Tuntutan ke Kajari Lubuk Pakam Terkait Kinerja Bapenda Deli Serdang

Deli Serdang || delinews24.net- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Independent Peduli Aset Negara (LIPAN) bersama aktivis dan wartawan menyelenggarakan aksi demonstrasi di depan kantor Kajari Lubuk Pakam dan Bapenda Deli Serdang pada Rabu (27/12/2023) terkait kinerja Kepala Bapenda Deli Serdang, Drs Hendra Wijaya.

Dalam demonstrasi ini, LIPAN meminta Kejaksaan Negeri (Kajari) Lubuk Pakam untuk segera memeriksa Kepala Bapenda Deli Serdang terkait dugaan kebocoran pendapatan daerah melalui pajak galian C di Deli Serdang.

LIPAN juga mendesak Kejaksaan Negeri Lubuk Pakam untuk memeriksa kepala bidang pajak daerah, yang diduga kurang memiliki kemampuan dan dedikasi untuk mencapai target pajak daerah. Realisasi pajak galian C hanya mencapai sekitar 12%, sementara target pajak restoran, hotel, hiburan, dan parkir jauh dari target yang diinginkan.

Pantas Tarigan M.Si, ketua DPP LIPAN, saat berorasi, meminta Kajari Deli Serdang untuk segera memeriksa dugaan kebocoran pendapatan daerah melalui pajak. Selain itu, ada dugaan anggaran pajak masuk ke kantong pribadi, yang mungkin bertujuan memperkaya diri mereka sendiri.

LIPAN menyoroti pendapatan pajak dari aktivitas galian C, menegaskan bahwa banyak aktivitas tersebut diduga tidak membayar pajak, merugikan negara.

 

Setelah orasi, Kajari Deli Serdang menerima tuntutan dari Kasi Intelijen Dedi Sanjaya, yang bertemu dengan para pendemo dan meminta salinan tuntutan untuk disampaikan kepada pimpinan.

Usai aksi di depan Kantor Kajari Lubuk Pakam, massa beralih ke Kantor Dispenda Deli Serdang untuk menyampaikan tuntutan.

Pantas Tarigan M.Si mengumumkan ultimatum bahwa aktivis dan DPP LSM LIPAN memberikan waktu 7×24 jam bagi Bapenda Deli Serdang untuk melaporkan peningkatan kinerja. Jika tidak, LIPAN mengancam akan melakukan aksi unjuk rasa yang lebih besar lagi. Aksi tersebut berlangsung dengan aman dan tertib diawasi oleh aparat kepolisian Polresta Deli Serdang.