DARI REDAKSI

BMKG Wilayah I SUMUT, Terbitkan Surat Edaran Peringatan Dini Di Sembilan Kota/Kabupaten

×

BMKG Wilayah I SUMUT, Terbitkan Surat Edaran Peringatan Dini Di Sembilan Kota/Kabupaten

Sebarkan artikel ini

Medan||Delinews24.net

Badan Meteorolog klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Propinsi Sumatera Utara mengeluarkan Surat Edaran pemberitahuan secara resmi Peringatan Dini terkait Anomali Cuaca bagi Sembilan Kota/Kabupaten yang ada di Propinsi Sumatera selama sepakan terhitung mulai 19/07/21 sampai dengan 25/07/21.

Peringatan Dini ini menghimbau dan atau memberitaukan agar sembilan Kota/Kabupaten yang terdiri dari Kabupaten Langkat, Kabupaten Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhan Batu Utara dan Kabupaten Padang Lawas Utara, untuk Waspada angin kencang yang bersifat panas dan kering di Wilayah masing masing.

Di terangkan dalam surat edaran Kondisi Atmosfer berdasarkan monitoring dinamika atmosfer Monsoon Barat Daya (angin baratan) mulai menguat dengan kecepatan berkisar antara 10-30 Knot.
Masa udara yang melewati wilayah Sumut relatif kering dengan nilai kelembaban berkisar 40-90%. Hal ini menyebabkan pertumbuhan awan tidak signifikan, sehingga dalam seminggu kedepan wilayah Sumatera diprediksi cukup panas khususnya diwilayah dataran rendah, pantai dan perkotaan dengan suhu berkisar antara 26-36 C, wilayah pegunungan dan dataran tinggi berkisar antara 18-27 C

Himbauan kewaspadaan bagi masyarakat melalui Surat Edaran BMKG Wilayah I Propinsi Sumatera Utara, BMKG merekomendasikan masyarakat agar dapat bijak dalam penggunaan api yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan, lahan dan pemukiman.

Masyarkat juga diminta di luar ruangan agar menjaga kesehatan akibat kondisi yang panas dan kering.

Kepada para pengendara juga di minta berhati hati terhadap angin kencang yang dapat membahayakan dalam berkendara. (22/07/21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *