banner idul fitri
Ramadhan 1445Renungan Ramadhan

Ciri Seseorang Yang Jadi Budak Dunia

65
×

Ciri Seseorang Yang Jadi Budak Dunia

Sebarkan artikel ini

Penulis : Alfaqir Muhammad Najib

Delinews24.net – Seseorang cinta atau tidak cinta pada kehidupan dunia lantas meninggalkan akhirat bukanlah dari hal yang nampak. Mempunyai harta melimpah, berkualitas, atau bermutu tidak dapat langsung dikatakan sebagai budak dunia.

Begitu pula sebaliknya, orang yang tampil sederhana tak bergelimang harta bukanlah tanda ia menjauhi kehidupan dunia. Bisa jadi di dalam hatinya bergemuruh keras menginginkan kemewahan dunia. Serta tetap mengabaikan kekekalan akhirat.

Individu dikatakan sebagai budak dunia atau tidak terletak di hatinya. Tatkala hatinya menuhankan, memuja, atau mengutamakan kehidupan dunia walau ia miskin sekalipun maka dapat dikatakan sebagai budak dunia.

Hati seseorang memang tidak bisa didalami atau dipahami secara pasti kecuali oleh Allah SWT. Kendati seperti itu orang yang cinta dunia dapat memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Niat Salah dalam Ibadah

Ibadah maghdah dan ghoiru maghdah serta yang wajib maupun sunah merupakan perintah dari Allah SWT. Selain itu manusia sejatinya diciptakan di muka bumi ini memang untuk ibadah. Semua yang dilakukan semata-mata demi ibadah.

Sayangnya, niat ibadah yang salah tak cuma menghapus pahala darinya. Lebih dari itu dapat menjadi tanda bahwa orang itu jadi budak dunia. Misalnya niat hijrah cuma karena ingin mendekati cewek. Niat memakai jilbab agar dagangan laris.

Seluruh ibadah yang dilakukan bukanlah semata-mata untuk membangun istana di dunia. Mesti disertakan keyakinan bahwa kelak di akhirat bisa selamat dari api neraka. Beribadah hanya ingin mendapat keuntungan dunia adalah kesalahan besar.

  1. Kejiwaan Tergantung pada Materi

Perasaan sedih, gembira, semangat, malas, atau semacamnya mudah berubah drastis gara-gara materi. Ketika ada pekerjaan yang “berduit” akan semangat. Sebaliknya bekerja untuk keperluan sosial malah menghindar. Itulah ciri dari orang yang jadi budak dunia.

Pikirannya senantiasa condong pada bagaimana cara menambah dan memperbanyak harta benda. Meski sudah punya harta berlebih, bukannya untuk bersedekah di jalan Allah malah digunakan untuk menzalimi orang kecil.

يالله بالتوفيق حتى نفيق ونلحق الفريق⁣

Mudah-mudahan kita mendapat taufiq sehingga kita bisa di golongkan dengan orang-orang sholeh.
Aamiin.

اللهمَّ صلِّ على سيِّدنا محمَّد وعلى آلِ سيِّدنا محمَّد.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *