banner idul fitri
Breaking NewsTaskforce HIV-AIDS

DELI SERDANG TASKFORCE REVIEW KEBIJAKAN PEMDA DELI SERDANG

54
×

DELI SERDANG TASKFORCE REVIEW KEBIJAKAN PEMDA DELI SERDANG

Sebarkan artikel ini

Sumatera Utara || delinews24.net- Deli Serdang Taskforce melaksanakan kegiatan Review Kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) terkait dengan penanganan Tuberkulosis (TB) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV). (SSR) Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia daerah Sumatera Utara melalui (SR) Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI) pendanaan Global Fund melalui Principal Recipient (PR) Indonesia Aids Coalition (IAC) dalam program Community System Strengthening Reducing Human Rights Kegiatan Quarterly Discussion District Task Force yang dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Februari 2023 di HORISON SKY KUALANAMU HOTEL ini dihadiri oleh berbagai NGO/CSO terkait dengan penanganan TB dan HIV.

Ketua Deli Serdang Taskforce Hardi Dido mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur dan mengevaluasi kebijakan-kebijakan yang sudah dijalankan oleh Pemda terkait penanganan TB dan HIV di Deli Serdang. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan masukan dan saran bagi Pemda dalam memperbaiki kebijakan-kebijakan yang sudah ada,” ujarnya.

Pada kegiatan ini, beberapa narasumber diundang untuk memberikan materi dan sharing mengenai isu-isu terkini dalam penanganan TB dan HIV. Salah satu narasumber, Antono (Advokasi Officer) menjelaskan mengenai tren penyebaran TB dan HIV di Deli Serdang. Menurutnya, kasus TB dan HIV di Deli Serdang masih cukup tinggi dan perlu adanya perhatian serius dari Pemda untuk menanggulangi masalah tersebut. Oleh karena itu, rapat yang diadakan oleh civil society organizations (CSO) untuk membahas penanggulangan TB-HIV adalah langkah yang penting untuk memperkuat upaya pencegahan dan pengobatan.

Kegiatan Review Kebijakan Pemda ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam penanganan TB dan HIV di Deli Serdang. “Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk memperbaiki kebijakan-kebijakan yang sudah ada dan meningkatkan kualitas penanganan TB dan HIV di Deli Serdang,” kata Muhammad Irvan (CBMFO)

Dalam rangkaian kegiatan ini, Deli Serdang Taskforce Collaboration CSO Deli Serdang juga akan melaksanakan kegiatan-kegiatan lainnya, seperti pelatihan-pelatihan dan kampanye-kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai TB dan HIV. CSO juga dapat membahas upaya-upaya kolaborasi dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah, tenaga medis, dan organisasi masyarakat lainnya untuk memperkuat jaringan dan kolaborasi, serta merumuskan strategi yang lebih efektif dalam penanganan TB-HIV.