banner idul fitri
NATURAL

Dinamika Sosial Di Lingkungan Masyarakat.

77
×

Dinamika Sosial Di Lingkungan Masyarakat.

Sebarkan artikel ini

Delinews24.net – Dinamika dalam sosial lingkungan Masyarakat adalah hal sering dialami oleh siapapun, dan itu pastinya tak dapat kita pungkiri.

Berdasarkan kutipan Wikipedia Dinamika sosial adalah perubahan sosial yang terjadi akibat adanya interaksi dalam dua atau lebih individu dalam suatu masyarakat yang memiliki hubungan psikologis secara jelas dalam situasi yang dialami.

Artinya, dalam dinamika masyarakat takan dipungkiri akan terjadi nya interaksi sosial, kelompok sosial dan kelas sosial.

Begitu juga keterkaitan bagaimana kita menyikapi keadaan sosial lingkungan yang terjadi dikalangan masyarakat tidak berimbas satu dengan yang lain, baik dari hubungan persaudaraan dan pertemanan yang sudah terjalin baik, namun dapat terpecah hanya perbedaan pandangan dalam situasi keadaan yang terjadi disekitar lingkungan.

Disinilah peran penting kedewasaan, sikap memaklumi dalam memandang situasi yang terjadi dilingkungan sekitar, bagaimana kita harus ikhlas, sabar setiap menghadapi situasi dinamika sosial lingkungan, baik secara individu, sosial dan kelompok.

Ada bait kutipan Al’quran memberikan arahan bagaimana adab kita dalam berinteraksi atau berhubungan dilingkungan masyarakat.

Salah satu Kutipan disebut dalam Ayat QS. Al-Hujurat: 10, Allah Berfirman :

” Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat”.

Ayat ini memberikan makna dan pengetahuan, bagaimana kita hendak dalam menjalankan hubungan atau berinteraksi dengan sesama dilingkungan masyarakat, hendaknya kita dapat menjadi orang yang damai dan mendamaikan. Jangan sampai terjadi perselisihan diantara sesama dan dengan siapapun. Hal itulah yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah kepada Umatnya.

Bahkan dalam Ayat lainnya, seperti QS. Al-Hujarat :12, Allah berfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Disebutkan juga dalam QS. Al-Hujurat: 13, Allah berfirman:

” Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu “.

Dalam ayat ini secara jelas, kita sesama manusia dalam sudut pandang kehidupan sosial masyarakat dapat dimaksudkan agar kita selalu menjalani harmonisasi suatu hubungan. Bukan saja hubungan antara individu dengan yang lain, secara Sosial dan Kelompok, tentunya menjalin suatu kehidupan bersosial dalam masyarakat dan bergaul secara pertemanan perlu nya menjaga harmonisasi.

Inilah makna atau pesan yang tersirat dapat kita pahami dari kutipan ayat Al – Quran bagaimana bisa kita jadikan pedoman dalam berkehidupan sosial lingkungan dimasyarakat. Inilah salah cara kita bisa menyikapi Dinamika Sosial di lingkungan Masyarakat, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *