banner idul fitri
Breaking News

Dishub Langkat: Operasi Penertipan truck dan angkutan umum

Avatar photo
136
×

Dishub Langkat: Operasi Penertipan truck dan angkutan umum

Sebarkan artikel ini

Langkat | delinews24.net- Dishub Langkat: Operasi Penertipan truck dan angkutan umum

Terminal Lama Pasar 10 Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara. Rabu (29/11/23).

DISHUB ( Dinas perhubungan) Kabupaten Langkat mengelar oprasi penertipan truck kelebihan dimensi dan muatan atau ODOL ( Over dimension over load )

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Langkat, Arie Ramadhany SIP M SP menjelaskan kepada awak media selain mengukur dimensi truk angkutan barang juga melakukan operasi kelengkapan dokumen kendaraan dan surat izin berkendara milik pengendaranya juga turut diperiksa petugas serta untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan karena keberadaan truck ODOL tersebut bukan saja merusak jalan di kabupaten Langkat tapi sering juga diangap membahayakan pengguna jalan lainnya.

“Ya razia ini rutin kita lakukan, tanpa terkecuali dan tanpa tebang pilih. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga seluruh ruas jalan yang ada di Kabupaten Langkat, karenanya dugaan kuat Truk Over Load yang menyebabkan jalan rusak,” tegasnya.

Kadishub Langkat itu juga mengatakan pemeriksaan kendaraan angkutan barang dan angkutan umum ini juga sebagai bentuk antisipasi terhadap kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh ketidak laikan kendaraan,Diantara rem tidak berfungsi dan sebagainya. Selain itu kelengkapan surat berkendaranya tak lewat dari pemeriksaan.

Dari giat tersebut ada juga di temukan para pelanggar yang memang membawa surat-surat kendaraan lengkap, hanya saja beberapa surat terutama buku KIR rata-rata mati dan Over Load.

Serta bagi pelanggar yang memodifikasi bak muatan truk nantinya KIR akan ditindak dan selanjutnya di wajibkan bagi para pelanggar untuk melaksanakan uji KIR atau melakukan standarisasi kembali.

Para pengemudi truk ODOL tersebut bisa menyesuaikan kembali kendaraannya yang tentunya mulai dari bentuk dan jenis kendaraannya sesuai dengan aturan kata kadis perhubungan Langkat itu.