banner idul fitri
MedanNews

Dugaan Pungli Administrasi Penduduk Massa Demo Dukcapil Medan

Avatar photo
48
×

Dugaan Pungli Administrasi Penduduk Massa Demo Dukcapil Medan

Sebarkan artikel ini
Dugaan Pungli Administrasi Penduduk Massa Demo Dukcapil Medan

Medan – Delinews24.net ||Dugaan Pungli Administrasi Penduduk Massa Demo Dukcapil Medan, Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Pemuda MAS (DPW PPM) Sumatera Utara menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, Jalan IskandarMuda, No270, petisah tengah, kecamatan Petisah Kota Medan, Sumatera Utara,  Selasa 02/04/2024. perlu di ketahui aksi unjuk rasa ini adalah aksi kedua kalinya meminta pungli dihapuskan.

Dalam orasinya, Ketua DPW PPM Sumut M Zulfahri Tambusai mengutarakan hasil temuan bahwa fakta di lapangan sering terjadi pungutan liar atas kepengurusan administrasi berupa KTP, KK maupun akte kelahiran, bahkan tindakan tersebut banyak terjadi di sejumlah kecamatan yang ada Semua sumber ini warga yang menyampaikan di , ucapnya.

Dalam pantauan awak media, aksi yang berlangsung tersebut sempat  bersitegang dengan sejumlah penjabat teras Dukcapil Kota Medan, yaitu Sekretaris Dinas Dukcapil Kota Medan, Dra Sri Maharani M Pd beserta jajarannya mengenai ketidakhadiran Kepala Dinas Baginda P Siregar MAP MSi yang dianggap takut menjumpai peserta aksi massa jilid II itu, bahkan mempersoalkan mengenai tindakan pungutan liar di Kantor Dukcapil Kota Medan yang dilakukan oknum karyawan dinas terkait itu, bahkan terjadinya pungutan liar parkir masyarakat yang melakukan kepengurusan administrasi.

Ketika aksi unjuk rasa berlangsung dan di wawancara oleh awak media mengenai kutipan pungli parkir yang ada di Kantor Dukcapil Kota Medan, Sekretaris Dinas beralasan bahwa hal itu dibawah tanggung jawab Dinas Perhubungan, seolah-olah hal tersebut ditumpang tindih-kan terhadap dinas terkait itu serta diluar tanggung jawab Dukcapil Kota Medan mengenai pendistribusian pengutipan parkir yang ada.

Dalam pantauan awak media, memang praktik pengutipan parkir yang dikutip ribuan rupiah tanpa karcis itu benar terjadi dan seolah dibiarkan oleh pihak Disdukcapil Kota Medan.

Bahkan ketika diperjelas perihal regulasi yang mengatur perihal retribusi parkir yang ada di Dukcapil Medan dan berdampak terhadap pendapatan daerah itu, Sekretaris Kadis seolah beralasan bahwa semua dibawah tanggung jawab Dishub Kota Medan tidak tahu menahu perihal regulasi yang ada.

Kami meminta Walikota Medan untuk segera mencopot Kadisdukcapil Kota Medan dari jabatannya karena dianggap tidak amanah dalam menjalankan tugasnya serta membiarkan praktik pungutan liar yang kerap terjadi di Kantor Dukcapil Kota Medan, ungkap Ketua DPW PPM Sumut yang akrab dipanggil Bung Fahri itu.

Kami menduga kuat bahwa Kadis diduga takut menjumpai mahasiswa karena kadis ikut menikmati pungutan liar, dan ada persekongkolan didalam Dinas Dukcapil Kota Medan, dan akan kami pastikan melangsungkan aksi unjuk rasa jilid III dalam waktu dekat dengan jumlah yang lebih besar lagi serta mendesak kehadiran Kadis Dukcapil Kota Medan, tutupnya. (A.H)