Peristiwa

FERARI Lantik 46 Advokat di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sumatera Utara

×

FERARI Lantik 46 Advokat di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sumatera Utara

Sebarkan artikel ini

Medan | delinews24.net – Federasi Advokat Republik Indonesia (Ferari) melantik 46 (empat puluh enam) Advokat baru. Mereka yang telah mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dan dinyatakan lulus ujian profesi advokat (UPA) serta telah menyelesaikan masa magang dua tahun secara resmi. Acara pelantikan dan pengukuhan menjadi advokat melalui Sidang Terbuka Pengambilan Sumpah Advokat FERARI wilayah Pengadilan Tinggi Medan Sumatera Utara.

Sebelum pelantikan, para Advokat terlebih dulu diambil sumpah oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Medan, Erwin Mangatas Malau, S.H., M.H., Kamis (12/8). Pelantikan yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Medan digelar dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pelantikan dan pengukuhan 46 advokat tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua DPP  FERARI Dr. Rolas Budiman Sitinjak, S.H., M.H., atas nama Ketua Umum DPP FERARI Dr. (Yuris) Dr.(Mp) H. Teguh Samudera, S.H., M.H.

Dr. Rolas Budiman Sitinjak, S.H., M.H. menjelaskan, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Ketua Umum DPP FERARI, untuk melakukan pengangkatan advokat di wilayah Pengadilan Tinggi Medan, dengan wilayah kerja meliputi seluruh Republik Indonesia. Pengangkatan dilakukan di sela sidang terbuka pengambilan sumpah advokat FERARI dalam wilayah Pengadilan Tinggi Medan.

“Sebagai mana telah dijadwalkan bahwa FERARI kembali mengangkat advokat baru di tengah masa pandemi Covid yang diikuti opsi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No.6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan yang dijadikan penerapan social distancing dan pshycal distancing. Keadaan kita yang tidak normal inilah yang membuat proses dan pelaksanaan acara ini disesuaikan dengan anjuran penggunaan protokoler kesehatan,” kata Rolas.

Rolas berharap agar anggota yang dilantik dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai penegak hukum untuk selalu mengedepankan nilai-nilai keadilan, Profesionalitas dan kejujuran agar menjadi insane advokat yang bermoral dan bermartabat sesuai dengan moto FERARI yakni Profesional Religius.

“Sebagai pimpinan FERARI yang diberikan wewenang konstitusional untuk melaksanakan fungsi negara, salah satu kewenangan itu adalah mengangkat advokat berdasarkan Undang-Undang No 18 Tahun 2003. Begitu juga proses pengajuan sumpah jabatan advokat ke Pengadilan Tinggi sebagai mana pelaksanaan hari ini. Kami mengucapkan selamat kepada advokat FERARI Sumatera Utara yang baru dilantik.,” ucapnya.

Dikatakan, pelantikan adalah proses akhir dari tahapan disyaratkan menjadi advokat setelah waktu dan proses panjang yang membutuhkan kesabaran, keuletan, tenaga dan biaya yang harus dijalani dan dipikul seorang advokat.

“Dimulai dari menyelesaikan pendidikan tinggi berlatar belakang hukum yang hampir seluruhnya bergelar S.H., kemudian mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), setelah itu lulus ujian profesi advokat (UPA) dan magang selama dua tahun terus menerus,” ujar Rolas.

Rolas mengingatkan kepada 46 advokat baru tersebut agar tetap menghayati dan mengamalkan sumpah atau janji yang telah dilafalkan, serta taat dan menjunjung tinggi Kode Etik Advokat Indonesia. Sementara itu pada acara pengambilan sumpah ini juga dihadiri oleh Ketua DPD FERARI Sumatera Utara Baginta Manihuruk, S.H., M.H., Sekretaris Sovia Siregar, S.H., CPL, Ketua DPC FERARI Medan Ganda Putra Marbun, S.H., M.H. dan pengurus lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *