Selamat Idul Kurban
Peristiwa

GUNUNG SEMERU ERUPSI!, Berlomba Dengan Awan Panas, Warga Berlarian Dengan Panik

×

GUNUNG SEMERU ERUPSI!, Berlomba Dengan Awan Panas, Warga Berlarian Dengan Panik

Sebarkan artikel ini

Jawa Timur || Delinews24.net – Gunung Semeru, Lumajang Jawa Timur alami erupsi, sekira pukul 15.00 Sabtu (4/12/21).

Berdasarkan keterangan yang beredar, guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sementara lahar panas turun dengan deras menyusuri anak sungai.

Potongan Video, Terlihat warga berusaha menyelamatkan diri dari kejaran awan panas semeru

Terlihat dalam rekaman Video amatir, sesaat Gunung Semeru erupsi, orang dewasa, anak anak dengan panik berlarian menyelamatkan diri.

Dikutip dari data tertulis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),
Asap kawah tidak teramati, dengan Guguran lava dengan jarak luncur 500-800 meter, dengan pusat guguran 500 mdi bawah kawah. Gempa vulkanik yang berkaitan dengan letusan, guguran dan hembusan asap kawah.

Data PVMBG

Data Kegempaan terjadi sebanyak 54 kali gempa Letusan/Erupsi digunung semeru, 4 kali gempa Guguran, 18 kali gempa Hembusan.

Dalam data tertulis, berdasarkan catatan rekomendasi PVMBG merekomendasikan agar masyarakat/pengunjung/wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah/puncak G. Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor tenggara – selatan, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *