banner idul fitri
ArtikelTaskforce HIV-AIDS

Semua Wajib Tau  Dasar Mengenal HIV & AIDS

Avatar photo
81
×

Semua Wajib Tau  Dasar Mengenal HIV & AIDS

Sebarkan artikel ini

delinees24.net- HIV (Human Immmunodeviciency Virus) adalah Virus yang menurunkan kekebalan pada tubuh manusia. Adapun HIV menyerang sel Darah putih, mengakibatkan sel darah putih tidak dapat melawan Infeksi, sehingga tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

Sementara AIDS ( Acquired Immuno Deficiency Syndrome) adalah kumpulan gejala penyakit yang diakibatkan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Tubuh kita mempunyai sel darah putih yang bekerja menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit, seperti diare atau batuk. Masuknya virus HIV ketubuh manusia mengakibatkan serangan bahkan membunuh sel darah putih, sehingga tubuh rentan terkena penyakit ( Tidak mampu melawan penyakit – penyakit yang masuk). Virus HIV masuk kesel darah, air mani( cairan bukan sperma), cairan vagina, dan air susu ibu.

Masuk nya virus HIV dikarenakan adanya pertukaran cairan tubuh dari seseorang yang sudah terkena virus HIV ke orang lain, umumnya melalui transfusi darah, jarum suntik yang dipakai bersama sama dan bergantian, melakukan hubungan seks tanpa memakai pengaman ( kondom), melalui vagina seks, oral seks, dan anal seks.

Juga melalui cara pemakaian narkoba ( bukan dari narkobanya). Kepada bayi dalam kandungan juga dapat tertular melalui proses kehamilan, persalinan dan menyusui.
Virus HIV tidak akan menular jika melakukan pelukan, ciuman, sentuhan, alat makan, gigitan nyamuk, tinggal serumah, satu WC. Dll.

Pencegahan terhadap virus HIV yaitu dengan cara, dianjurkan tidak melakukan hubungan seksual bagi yang belum menikah(Abstinence), saling setia pada satu pasangan (Be faith ful), gunakan pengaman setiap kali berhubungan seks( Kondom), hindari penggunaan jarum suntik secara bergantian dan tidak steril( Dont Inject), edukasi dan penyukuhan tentang HIV dan ADS.

Untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus HIV denga  cara, tes darah dan proses VTC ( rahasia sukarela dan jelas tujuannya.

Orang yg terinfeksi HIV biasanya tidak bergejala.
Tetapi jika sudah masuk ke fase AIDS biasanya mengalami gejala seperti jamur di mulut dan vagina, diare, gampang kelelahan, Herpes simpleks, Toksoplasma, TBC, kelenjar getah bening, penurunan drastis bobot badan.

Untuk pengobatan dari virus HIV AIDS sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan virus tersebut. Obat yang sekarang beredar dan dapat dikomsumsi yaitu ARV( Anti Retroviral) yang dipakai sebagai alat terapi untuk menghambat perkembangbiakan virus dalam tuhuh hingga tidak terdeteksi/ tidak dapat menular secara seksual.

Tes HIV itu sangat penting, agar dapat secara dini melakukan perencanaan pengobatan, meningkatkan kualitas hidup, sehingga mengurangi angka kesakitan dan  kematian ( meski tak dapat menyembuhkan, namum dapat mengendalikan penyakit dengan baik. Dan memutus mata rantai penularan virus HIV.

Maka ODHA( Orang Dengan HIV/ Aids) masih memiliki hak hidup dan bersosial sama dengan orang yang sehat. ODHA tidak boleh mendapat stigma( tanggapan buruk) atau deskriminasi dari masyarakat. Semua masyarakat wajib tahu dan mempelajari tentang penularan virus HIV agar memahami dampak dari virus tersebut.

(Antono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *