banner idul fitri
Literasi DaerahPadangsidimpuan

Jangan Pernah Lagi Menuliskan Kata Padang Sidempuan

111
×

Jangan Pernah Lagi Menuliskan Kata Padang Sidempuan

Sebarkan artikel ini
Jangan salah sebut Padang Sidempuan lagi.
Jangan salah sebut Padang Sidempuan lagi.

Delinews24.net – Jangan pernah lagi menuliskan Kota Padang Sidempuan karena kini nama kota itu telah berubah, sehingga menuliskan kata Kota Padang Sidempuan untuk wilayah yang terkenal dengan Salaknya ini berpotensi akan menjadi masalah di kemudian hari. Terutama yang ada kaitannya dengan surat-surat penting.

Sejak tanggal 5 Juni 2023 yang lalu, Irsan Effendi selaku walikotanya telah menerbitkan surat edaran bernomor 045.2/1603/2023 tentang penggunaan nama Kota Padang Sidempuan menjadi Kota Padangsidimpuan.

Mengutip dari beritasore.com, dalam surat edaran ini disebutkan bahwa, penulisan Kota Padang Sidempuan berdasarkan UU No 4 tahun 2021 diubah menjadi Kota Padangsidimpuan sesuai pasal 3 huruf ff UU No 8 tahun 2023 bahwa, Kota Padangsidimpuan salah satu Kota di Prov.Sumatera Utara.

Lalu bagaimana nasibnya untuk yang sudah terlanjur menggunakan kata Kota Padang Sidempuan dalam dokumen kependudukan dan catatan sipil? Tenang, jangan panik. Berdasarkan pasal 6 hurup a UU No 4 tahun 2023 tentang Prov. Sumatera Utara dinyatakan bahwa penulisan Kota Padang Sidempuan dalam dokumen kependudukan dan catatan sipil serta dokumen lainnya yang bersifat pribadi masih tetap berlaku sampai habis masa berlakunya.

Penting untuk ditekankan terutama dalam administrasi pemerintahan untuk mengubah nama Kota Padang Sidempuan menjadi Kota Padangsidimpuan. Dimulai dari tata naskah dinas, stempel cap organisasi, dan papan nama kantor.

Dan untuk pihak swasta, sesuai Pasal 6 hurup b UU No 8 tahun 2023 tentang Provinsi Sumatera Utara, nama kota Padangsisimpuan akan diubah secara bertahap hingga batas waktu yang ditentukan yaitu 31 Desember 2023.