banner idul fitri
Serdang Bedagai

Jelang Ramadan, Wabup Sergai Adlin Tambunan Sampaikan 3 Langkah TPID Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok

38
×

Jelang Ramadan, Wabup Sergai Adlin Tambunan Sampaikan 3 Langkah TPID Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok

Sebarkan artikel ini

Sei Rampah || Delinews24.net

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Provinsi (Rakorprov) TPID se-Sumatera Utara, yang dilaksankan di Ruang Rapat Wabup, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (29/3/2022).

Dalam laporannya, Wabup menyampaikan jika perkembangan harga komoditi sampai dengan minggu kelima bulan Maret 2022 di Kabupaten Sergai dinyatakan masih dalam keadaan stabil, walaupun seperti diketahui sempat terjadi kelangkaan minyak goreng yang terjadi di seluruh daerah di Provinsi Sumatera Utara maupun secara nasional sehingga kelangkaan tersebut membuat harga minyak goreng naik.

Ia menyebut, menjelang bulan Ramadan, beberapa harga komoditas disinyalir akan mengalami kenaikan terutama terkait persiapan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Hal ini disebabkan perubahan pola konsumsi masyarakat dan masuknya arus pemudik ke Kabupaten Sergai yang akan meningkatkan permintaan serta konsumsi.

“Menghadapi permasalah tersebut, maka Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sergai bersama Bank Indonesia berkomitmen untuk menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi, mengupayakan keterjangkuan harga, serta meningkatkan efektivitas komunikasi bersama stakeholder terkait,” ucapnya.

Ia menjelaskan, adapun agenda kegiatan yang akan dilaksanakan TPID Kabupaten Sergai bersama Bank Indonesia dalam rangka pengendalian harga menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) yakni pertama menggelar pasar murah di beberapa tempat yang disinyalir mengalami kenaikan harga komoditas. Kedua melakukan sidak pasar menjelang bulan Ramadan 1443 H untuk ketersediaan komoditas dan elpiji.

“Dan terakhir melakukan pertemuan pelaku usaha dan stakeholders terkait dalam rangka mengkoordinasikan persiapan kelancaran distribusi kebutuhan barang komoditas,” tandasnya.

Sementara itu di kesempatan ini, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan jika pihaknya terus berupaya menjaga agar angka inflasi tetap terkendali menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini. Untuk itu, dirinya menyampaikan tiga langkah yang akan dilakukan.

Ia merinci, langkah pertama adalah dengan terus memonitoring pasar agar harga jual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) dan tidak ada distributor atau pedagang yang melakukan penimbunan.

“Kita monitoring pasar, biar tahu persis orang-orang jahat yang suka menimbun,” kata Edy Rahmayadi.

Langkah kedua, lanjutnya, mengimbau masyarakat agar tidak membeli barang atau produk tertentu dengan jumlah yang besar (panic buying).

“Ketiga meningkatkan koordinasi dengan kepolisian, produsen, distributor untuk bersama-sama menjaga harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar,” terangnya.

Ikut hadir dalam rapat virtual ini Asisten Ekbangsos Drs. Nasrul Azis Siregar, para Kepala OPD terkait dan perwakilan BPS Sergai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *