banner idul fitri
HUKUM

Kasus Fitnah Sosmed Yenny Cendikia Mulai Masuk Tahap Penyidikan

Avatar photo
94
×

Kasus Fitnah Sosmed Yenny Cendikia Mulai Masuk Tahap Penyidikan

Sebarkan artikel ini
Kasus fitnah UU ITE Yenny Cendikia
Kasus fitnah UU ITE Yenny Cendikia

Delinews24.net – “Apresiasi setinggi-tingginya kepada Ditreskrimsus Polda Sumut, dalam hal ini Dirreskrimsus Kombes Pol Andry Setiawan yang telah menindaklanjuti laporan pengaduan klien kami,” ujar Ade Chandra, kuasa hukum Yenny usai sidang di Pengadilan Negeri (PN) Lubukpakam, Selasa (12/3) setelah perkara dugaan tindak pidana pencemaran nama baik dan penghinaan melalu informasi dan transaksi elektronik dengan korban Yenny Cendikia yang ditanganinya akhirnya menetapkan VER sebagai tersangka oleh Polda Sumatera Utara.

Terkhusus Dirreskrimsus Polda Sumut Kombes Pol Andry Setiawan atas tindaklanjut dari laporan Polisi terhadap kliennya tersebut. “Sebenarnya Klien kami telah membuka lebar pintu mediasi sampai hari ini terhadap tersangka untuk dapat diselesaikan kasus ini secara kekeluargaan, namun pihak tersangka tidak menganggapinya dengan serius serta menganggap kasus ini sepele” ujar Ade.

Kasus ini bermula pada tahun 2022 ketika tersangka menyerang korban melalui postingan negatif di akun sosial media. Kemudian, pada bulan November 2022, tersangka menjadi lebih agresif dengan menyebutkan nama korban dan menyatakan bahwa korban adalah wanita siluman, wanita cacat mental, dan wanita tidak terhormat, dan meminta semua netizen yang mengenal korban untuk tidak mendekati mereka.

Dilaporkan bahwa Ade telah melewati proses yang panjang, dan upaya mediasi telah dilakukan. Namun, tersangka VER tidak mengubahnya hingga kasus tersebut diputuskan.

Jika merunut kepada Undang-undang ITE, yaitu : Pasal 27 ayat (3) UU ITE, yang berbunyi : “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang bermuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”, Pasal 45 UU ITE, yang berbunyi : (1) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).serta Tersangka wajib di tahan, ungkap Pengacara Muda Ade Chandra.