banner idul fitri
Fenomena

Kenapa Polisi Terkesan Tidak Menindaklanjuti Laporan Kehilangan

99
×

Kenapa Polisi Terkesan Tidak Menindaklanjuti Laporan Kehilangan

Sebarkan artikel ini
Mengapa laporan di kantor polisi tidak direspon
Mengapa laporan di kantor polisi tidak direspon

Delinews24.net – Ketika seseorang melaporkan kehilangan sesuatu, misalkan seperti Yamaha NMAX ke Polisi, laporan itu diterima dan dicatat. Namun, laporan itu tidak digunakan sebagai permintaan pencarian barang yang hilang. Sebaliknya, laporan kehilangan itu hanya dicatat dan mungkin dikirim ke semua unit-unit terkait.

Ketika polisi melakukan razia, pengendara Yamaha NMAX yang tidak memiliki surat-surat akan ditahan bersama motornya. Polisi kemudian melakukan crosscheck data laporan kehilangan motor yang mereka miliki. Jika datanya cocok dengan laporan tersebut, motor itu akan disita dan kasus pencurian dibuk. Pemilik aslinya akan dihubungi. Laporan kehilangan yang telah anda lakukan akan terasa manfaatnya disini.

Selain itu, ketika seorang pengemudi yang mencuri Yamaha NMAX melakukan pelanggaran lalu lintas, polisi mungkin terus memeriksa SIM dan STNK individu yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Jika diketahui bahwa individu tersebut tidak memiliki STNK, kendaraan tersebut mungkin ditahan dan dicocokkan dengan laporan kehilangan yang ada pada mereka. Lagi-lagi, polisi akan memproses kasus dan memanggil pemilik asli jika ada yang sesuai. Itu tujuan melaporkan kehilangan Anda sebelumnya.

Atau, Anda mungkin perlu melaporkan kehilangan barang untuk menghindari tuntutan jika barang Anda ditemukan di tempat kejadian perkara atau jika barang Anda digunakan sebagai bukti alat kejahatan.

Misalnya, Anda memiliki motor RX King, dan ketika Anda parkir sebentar di depan Indomaret, motor itu hilang.

Anda segera melapor ke polisi; mereka menerima laporan Anda dan mencatat detail kejadian, termasuk lokasi, waktu, dan informasi motornya.

Dua hari kemudian, kamera GoPro dari sebuah mobil GoCar tertangkap di motor Anda saat pengendaranya melakukan perampokan pada nasabah kaya yang baru keluar dari Bank BCA Darmo di Surabaya.

Polisi segera mengidentifikasi pemilik motor setelah menerima laporan perampokan dari BCA, serta informasi tentang merk, tipe, dan nopol motor perampok dari pengemudi GoCar. Polisi kemudian menemukan bahwa nama Anda adalah pemiliknya. Tapi polisi kemudian menemukan bahwa motor itu telah dilaporkan hilang dua hari sebelumnya. Jadi, Anda tidak didakwa bersalah.

Dalam kasus di mana HP Anda dirampok, Anda harus segera melaporkannya kepada polisi karena ketika HP Anda disalahgunakan oleh pencuri, Anda berpotensi didakwa dan didakwa. Katakanlah si perampok menggunakan HPmu untuk pinjol. Anda menerima tagihan dalam waktu singkat. Jika Anda melaporkan kehilangan HP itu kepada polisi, Anda akan dapat membela diri. Jika Anda berhadapan dengan hukum secara resmi atau pihak pinjol, laporan kehilangan itu akan menjadi alibi Anda.

Pertimbangkan kembali pertanyaan: Kenapa Polisi Terkesan Tidak Menindaklanjuti Laporan Kehilangan?

Karena laporan kehilangan barang tidak dapat dianggap sebagai permintaan untuk mencari barang yang dilaporkan hilang. Namun, dengan melaporkan kehilangan, Anda akan dibebaskan dari tuduhan bahwa Anda telah menyalahgunakan barang yang hilang.