banner idul fitri
Deli SerdangTaskforce HIV-AIDS

Penanganan TB HIV Sebagai Target Kesehatan di Tahun 2030 Sektor Pemerintahan Daerah

66
×

Penanganan TB HIV Sebagai Target Kesehatan di Tahun 2030 Sektor Pemerintahan Daerah

Sebarkan artikel ini

Deliserdang || delinews24.net- Dalam upaya penanganan TB – HIV dan AIDS, peran pemerintah daerah sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat. Upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah harus terus ditingkatkan agar dapat mencapai target-target yang diharapkan dalam penanganan TB – HIV dan AIDS di Indonesia.

Penyerahan data kepada KSP kedeputian II dari tim Komunikasi Publik Satuan Gugus Tugas Deli Serdang beberapa minggu yang lalu, menyampaikan bahwa kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus secara mandiri terkait masalah ending HIV-TB co-infection pada 2030, serta keterlibatan Pemerintahan Daerah mewujudkan Three Zero yaitu tidak ada kasus baru, tidak ada kematian akibat HIV-TB co-infection, tidak ada stigma dan diskriminasi pada ODHIV dan pasien TB.

Koordinator Deli Serdang Task Force (DSTF), Hardi dido, menegaskan kekecewaan terhadap Pemerintah daerah khususnya Deli Serdang yang dapat memainkan peran penting dalam mengatasi masalah HIV dan TB melalui berbagai cara dalam keterlibatan pemerintah daerah untuk mengatasi masalah, seperti: Penyediaan layanan kesehatan, Edukasi dan sosialisasi, Pelacakan kasus, Pemberdayaan masyarakat serta Pengadaan obat.

Namun, meskipun sudah banyak upaya sudah dilakukan DSTF untuk meminta respon pemerintah daerah Deli Serdang melalui lajur Komisi Penanggulangan AIDS dalam penangannya, masih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam penanganan HIV dan AIDS. Beberapa di antaranya adalah stigma dan diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV keterbatasan akses terhadap layanan kesehatan, dan masih rendahnya kesadaran masyarakat tentang HIV dan AIDS.

Dalam penanganan TB- HIV dan AIDS, peran pemerintah daerah sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat. Upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah harus terus ditingkatkan agar dapat mencapai target-target yang diharapkan dalam penanganan TB-HIV dan AIDS di Indonesia, sehingga upaya pencegahan dan pengendalian dapat tercapai.