Peristiwa

Memiliki Berat Dibawah Anak Normal, Nabila Butuh Kartu KIS

Avatar photo
×

Memiliki Berat Dibawah Anak Normal, Nabila Butuh Kartu KIS

Sebarkan artikel ini

Tanjung Morawa, delinews24.net- Nabila Saira namanya, seorang anak Penyandang Disabilitas berusia 13 Tahun, memiliki berat badan 13 Kg. Nabila kelahiran 4 Juli 2009 ini, diasuh oleh Ayah kandungnya Syahrial, dan Ibu kandung Ira Yunani. Anak Pertama dari empat bersaudara, Menyandang Distanting.

Menurut cerita Ibunya, Nabila sewaktu bayi pernah mengalami demam tinggi berkepanjangan. Upaya pengobatan pun dilakukan keberbagai tempat, baik medis maupun tradisional.

Namun hingga kini diusia 13tahun, kondisi pertumbuhan Nabila semakin buruk, mampu berdiri namun gontai, seakan tak bertenaga Nabila berjalan harus dituntun ibunya. Gadis Manis ini memiliki berat badan tidak senormal anak lainnya, ia hanya memiliki berat 13 KG saja.

Syahrial ayah Nabila adalah salah satu warga Dusun IX, Desa Dalu XB kec Tanjung Morawa, menghidupi keluarganya dengan berjualan bakso didepan rumah, dibantu sang istri.

“Penghasilan berdagang bakso dimasa pandemi ini hanya cukup untuk memenuhi bahan dapur saja, ungkap nya. Kendati untuk melanjutkan perobatan Nabila sang ayah tak mampu untuk memenuhinya”.

Syahrial mengatakan kalau beberapa bulan silam pihak kecamatan bersama dokter puskesmas Dalu X, sudah pernah menjenguk Nabila seraya membawa roti bervitamin dan obat obatan. Tampak kondisi Nabila lebih bergairah dan bertenaga saat itu. Namun kini bantuan perobatan tidak adalagi ada dari pihak manapun.

Demi kesehatan serta kesembuhan Nabila, sang ayah pun membawa nya pergi ke Puskesmas Dalu X, namun sangat disayangkan dikarenakan tidak memiliki Kartu Indonesia Sehat(KIS) dari pemerintah, mau tak mau Syahrial harus pulang dengan hati kecewa, dan berupaya memberi perobatan seadanya.

Masih tetap berusaha, Syahrial pernah juga pergi mengurus KIS Kedinas Sosial Deli Serdang, dengan niat agar bisa melanjutkan perobatan Nabila dipuskesmas, Namun empat bulan berlalu sampai hari ini, Minggu 18/11/21. Belum juga ada kabar bahwasannya kartu KIS Dari Dinas Sosial Deli Serdang Telah Selesai. Pupuslah harapan Syahrial.

Tanggapan Kepala Desa Dalu XB.

Wantoro Kepala Desa Dalu XB, saat ditemui mengatakan, Bahwasannya sudah pernah pihak Desa mengajukan ke Dinas Sosial untuk membuat kartu Indonesia sehat (KIS) dan pihak Desa sangat berharap kepada pemerintah pusat untuk bisa memperhatikan anak penyandang disabilitas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, juga sudah kami berkoordinasi kepada pihak puskesmas agar warga yang mau berobat ke puskesmas selayaknya di layani dengan baik. kesehatan itu sangat penting, terkhusus Anak, apalagi anak Penyandang Disabilitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *