banner idul fitri
SOSIALISASI PROGRAMTaskforce HIV-AIDS

OPSI Adakan Sosialisai Pencegahan dan Penanggulangan HIV

48
×

OPSI Adakan Sosialisai Pencegahan dan Penanggulangan HIV

Sebarkan artikel ini

Batang kuis || Delinews24.net – Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI) adakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV.

Bertempat di Prime Flaza Hotel Kuala Namu Jl Sultan Serdang, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, kegiatan ini mengambil model ‘Term Of Reference’ bertajuk ” Regular Meeting For District Task Force”. Rabu (16/04/22).

Melalui amatan langsung Kru delinews24.net, Hadir dalam kegiatan Kabid P2P Pemkab Deli Serdang Drg.Pinem, Marjoko dari Yayasan Pusaka Indonesia , Junaidi Malik selaku Ketua Lembaga Perlindungan Anak Kabupaten Deliserdang, Komisi Pengawas AIDS/KPA Deli Serdang, CBMF PKBI SUMUT, AO PKBI SUMUT, LK3 Deli Serdang, Pusaka Indonesia, Yayasan Caritas, FKDM Kabupaten Deliserdang dan FKDM Kecamatan Batang Kuis.

  • Perlu diketaui OPSI atau Organisasi Perubahan Sosial Indonesia merupakan Jaringan Nasional Penanggulangan HIV dan Hak Asasi Manusia (HAM) bagi kelompok Resiko Tinggi dan Marginal (Pekerja Seks) dan merupakan wadah bagi Pekerja Seks Perempuan, waria dan laki-laki
  • Selain dari itu, OPSI memiliki visi, yaitu “Terwujudnya negara yang menjalankan kewajibannya untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi Hak Asasi Manusia (HAM) para Pekerja Seks serta berdayanya Pekerja Seks seluruh Indonesia”.
  • Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan Koordinasi dan peran serta tanggung jawab dari task force, Adanya populasi kunci yang dapat berpartisipasi dalam kegiatan pertemuan guna membahas berbagai isu.
  • Dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang apa itu HIV-AIDS maka OPSI melaksanakan Sosialisasi tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS. Acara yang diadakan di Prime Plaza Hotel dilakukan selama dua hari terhitung dimulai pada Selasa 15/03 sampai pada hari Rabu 16 Maret 2022.
  • Dalam kegiatan ini, OPSI mendatangkan Narasumber yang berasal dari LPA Deli Serdang serta Yayasan Pusaka Indonesia.
  • Dallam paparan kegiatan tersebut yang disampaikan oleh narasumber bahwa belum semua masyarakat memahami penularan HIV & AIDS dari satu orang ke orang lain secara benar. Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang kemudian menimbulkan AIDS.
  • Dijelaskan juga bahwa HIV menyerang salah satu jenis dari sel-sel darah putih yang bertugas menangkal infeksi. Sel darah putih tersebut termasuk T-4 atau sel T-Helper atau disebut juga sel CD-4. HIV tergolong dalam kelompok retrovirus yaitu kelompok virus yang mempunyai kemampuan untuk mengkopi cetak genetik di dalam materi genetik sel-sel yang ditumpanginya. Melalui proses ini, HIV dapat mematikan sel-sel CD-4. Sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh oleh HIV.

Hasil dari kegiatan ini yang menyimpulkan adanya harapan,

  • Rekomendasi Program CSS – HR yang akan dilakukan task force dan meningkatnya pengetahuan Stakeholder, NGO Lokal, LBH mengenai tujuan dan tantangan program CSS – HR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *