banner idul fitri
Breaking NewsEkonomi

Optimasi Layanan TBC: Pertemuan Strategis YMMA di Deli Serdang

Avatar photo
626
×

Optimasi Layanan TBC: Pertemuan Strategis YMMA di Deli Serdang

Sebarkan artikel ini
Optimasi Layanan TBC: Pertemuan Strategis YMMA di Deli Serdang

Optimasi Layanan TBC: Pertemuan Strategis YMMA di Deli Serdang

Deli Serdang || delinews24.net- Dalam upaya meningkatkan penanganan tuberkulosis (TBC) di Deli Serdang, Yayasan Mentari Meraki Asa (YMMA)  mengadakan pertemuan strategis di Anara Hotel Sky Kuala Namu. Peserta pertemuan termasuk pemangku kepentingan utama seperti Dinas Kesehatan, Bapeda, dan perwakilan dari DPRD Deli Serdang.

Kolaborasi Strategis untuk Pemberantasan TBC

Fokus utama pertemuan adalah mengoptimalkan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) terkait TBC di Deli Serdang pada hari Selasa, 12/12/2023. YMMA, yang berkomitmen untuk memperkuat peran Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan komunitas yang terdampak TBC, menggunakan pendekatan multisektoral dengan melibatkan lembaga legislatif dan eksekutif untuk memengaruhi inisiatif pemerintah daerah.

 

Penanggulangan TBC YMAA
Foto Bersama dalam acara mengoptimalkan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) terkait TBC di Deli Serdang pada hari Selasa, 12/12/2023. YMMA sebagai Pembawa Acara.

Baca Juga:

https://delinews24.net/ymma-rangkul-dprddan-pemkab-ds-guna-pencapaian-eliminasi-tb/

Wawasan Kepemimpinan: Menuju Pendekatan Kolaboratif

Menekankan pentingnya sinergi lintas sektor dalam mengatasi TBC, Taufik Hidayat, Ketua YMMA Deli Serdang, menyoroti tantangan yang dihadapi dalam upaya eliminasi TBC.

“Meskipun ada hambatan seperti informasi yang kurang memadai dan ketidakpatuhan pasien, YMMA telah aktif terlibat di 17 kecamatan dan 27 puskesmas”

Membangun Kemitraan Kuat untuk Pemberantasan TBC yang Dipercepat

Dalam upaya mencapai eliminasi TBC lebih cepat, YMMA berupaya untuk mendorong kolaborasi yang kuat, mengakui sinergi lintas sektor sebagai kunci keberhasilan mengatasi tantangan TBC di Deli Serdang.

 https://delinews24.net/komitmen-bersama-jejaring-dppm-ymma-deli-serdang-gelar-pertemuan-dengan-pemangku-kepentingan/

“Dalam konteks implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM), keterlibatan layanan kesehatan swasta dan pencatatan kasus secara sistematis dalam sistem informasi TB terpadu adalah indikator yang sangat penting,” ungkap seorang perwakilan dari Dinas Kesehatan Deli Serdang.

Komitmen Mengatasi Tantangan TBC

Adapun tujuan eliminasi TBC pada tahun 2030 merupakan tantangan besar, peran penting komunitas tidak bisa diabaikan. YMMA secara aktif mendukung eliminasi TBC melalui kampanye penyadaran dan membimbing pasien ke fasilitas kesehatan pemerintah.

Komitmen Legislatif untuk Mengatasi Stigma TBC

Dalam penyampaian pendapatnya, H MHD Darwis Batu Bara M.PD, anggota DPRD Deli Serdang, menekankan perlunya tindakan kolektif. Beliau menyadari adanya stigma dan diskriminasi terhadap pasien TBC, berkomitmen untuk membahas masalah ini dalam Rapat Paripurna mendatang. Darwis akan mengusulkan penguatan pembuatan Peraturan Daerah (PERDA) untuk penanganan TBC dan advokasi untuk alokasi anggaran yang lebih substansial.