banner idul fitri
Batang KuisPILKADES

PANWAS PILKADES Batang Kuis, Sikapi Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye di Desa Sena

50
×

PANWAS PILKADES Batang Kuis, Sikapi Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye di Desa Sena

Sebarkan artikel ini

Batang Kuis || Delinews24.net – Kisruh dugaan pelanggaran kampanye Desa Sena masuk babak baru.

Hari ini, bertempat di Kantor Camat Batang Kuis, Jl. Muspika, Kita Batang Kuis Panitia Pengawas (Panwas) Pilkades Kecamatan Batang Kuis, undang para pelapor dan P2K Desa Sena untuk melakukan klarifikasi dugaan pelanggaran kampanye oleh calon Kades nomor urut 1. Jumat (15/04/22).

Avro Wibowo, S.STP Ketua Panwas Pilkades Kecamatan Batang Kuis melalui sekretaris nya Junaidi, S.E., M.Si membenarkan telah mengundang para pelapor dan P2K untuk klarifikasibdugaan pelanggaran kampanye di desa Sena.

Kita sudah menerima laporan pengaduan terkait dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan calon nomor urut 1, laporan diserahkan oleh dua calon kades lainnya dari calon kades nomor urut 3 dan 5, ucap sekretaris Panwas Kecamatan Batang Kuis diujung telepon, Jumat (15/04/2022).

Disebut lah jauh oleh Junaidi, Panwas sifatnya hanya membuat rekomendasi jika dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan, rekomendasi kita berikan kepada P2K Desa setempat karena wewenang mereka untuk memberikan sanksi dan teguran.

Baca Juga : Terkait Kisruh Dugaan Pelanggaran Kampanye Desa Sena, Ini Kata Ketua Pansus Pilkades Deliserdang …

Saat disinggung beredarnya rekaman video adanya dugaan pelanggaran kampanye berupa pendukung calon nomor urut 1 membagikan minyak goreng, Sekretaris Panwas mengatakan itu sudah pelanggaran

” walau pendukung yang memberikan itu sudah masuk ranah pelanggaran, tatib jelas, ada perbup dan dapat kita ketaui disitu, di Perda juga ada terkait aturan Pilkades, jadi diduga ada pelanggaran yang dilakukan saat kampanye, terang Junaidi lagi

Ditekankan lagi olehnya, Panwas Kecamatan hanya bisa rekomendasi jika ditemukan dugaan pelanggaran. Untuk melaksanakan Pilkades tetap berjalan sesuai dengan aturan Perbup.

Maka hari ini kami (Panwas-red) lanjut nya, telah memanggil pihak pelapor dan P2K untuk segera melakukan klarifikasi terhadap pelaporan dari dugaan yang lakukan terlapor (Nomor urut 1-red). Dari dua pelapor hanya pelapor yang menghadiri dari nomor urut 3, sementara pelapor dari urut nomor 5 tidak menghadiri dengan alasan tidak adanya undangan resmi dari Panwas, tutup Junaidi.

Baca Juga : Dugaan Pelanggaran Kampanye di Desa Sena, Calon Nomor Urut 1 Katakan Ini …

Sebelumnya dihari Kamis 14/04/2022 awak media telah mendapatkan konfirmasi dari Pansus Pilkades Deliserdang, dimana keterkaitan dugaan pelanggaran Kampanye oleh salah satu Calon Kades Desa Sena, laporan telah mereka terima.

Senada apa yang disampaikan oleh Panwas Kecamatan, Saipul Tanjung Ketua Pansus Pilkades Deliserdang juga mengatakan diduga apa yang dilakukan saat kampanye adalah pelanggaran.

Pun demikian, kami selaku pansus hanya dapat mengajukan rekomendasi dari hasil laporan yang kami terima untuk diberikan sanksi jika itu nantinya terbukti, rekomendasi bisa kita ajukan ke panitia Kabupaten, sanksi bisa diberikan ke Panwas Pilkades Kecamatan dan P2K Desa, terang anggota Legislatif dari Partai PKS ini.

Diwaktu terpisah, Calon Kades Nomor urut 5 saat dikonfirmasi oleh Kru Delinews24.net, membenarkan adanya pemanggilan klarifikasi terkait laporan dugaan pelanggaran kampanye.

” Benar bg kita hari ini dapat telepon oleh Panwas Kecamatan untuk hadiri rapat terkait laporan kemaren, namun kami tidak hadir karena pemanggilan tidak bersifat resmi, kami tidak menerima surat resmi pemanggilan karena kami melaporkan dugaan pelanggaran kampanye melalui surat resmi, ujar Yuli Calon Kades Sena.

Baca Juga : Dugaan Pelanggaran Kampanye di Desa Sena, Salah Satu Calon Lapor PANSUS Pilkades

Sebelumnya, Bayu Anggara Cakades Nomor Urut 1 mengatakan pembagian minyak goreng dilakukan oleh PAC PP Batang Kuis yang kebetulan adalah pendukungnya.

” Itu PAC PP Batang Kuis bang yang bagikan, kebetulan ketepatan dengan kampanye saya, kan tidak mungkin saya halangi bg mereka bagi-bagi dibulan Ramadhan”, ucap Bayu diujung telepon saat dikonfirmasi beberapa waktu silam.

Diketaui pada hari Selasa dan Rabu (12-13/04/22) pendukung nomor 1 diduga pada saat kampanye melakukan pelanggaran. Dimana pada saat kampanye diduga membagikan minyak goreng kepada warga Desa Sena.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *