banner idul fitri
Batu BaraPemilu 2024

Panwascam Adakan Bimtek PTPS Antisipasi Pemilu Curang

143
×

Panwascam Adakan Bimtek PTPS Antisipasi Pemilu Curang

Sebarkan artikel ini
bimtek pemilu 2024
bimtek pemilu 2024

Delinews24.net -Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) kecamatan Sei Suka kembali gelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk seluruh Pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) yang ada di kecamatan Sei Suka, dalam kesiapan menghadapi Pemilu 2024, Aula Al-Barokah, sabtu (10/02/2024).

Kegiatan pelatihan dan bimtek ini dilaksanakan selama 2 hari dengan tema yang berbeda, pada Jumat 09 februari dilaksanakan bimtek dengan tema : Pengawasan Masa Tenang Pada Pemilu 2024, Dan pada sabtu 10 Februari 2024, dengan tema bimtek : Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024, yang dihadiri 119 orang peserta.

Ketua Panwascam Seisuka menegaskan, bahwa Bimtek ini untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan kepemiluan bagi seluruh PTPS, ia menekankan pentingnya mempersiapkan jajaran pengawas pemilu dengan pengetahuan teknis yang memadai, untuk memastikan tugas dan tanggungjawab sebagai PTPS berjalan dengan baik di tiap pengawasan TPS.

PTPS harus progresif, aktif, dan punya inisiatif penuh maka semua potensi pelanggaran mampu kita cegah sejak awal. Pastikan semua logistik hadir pada pagi itu. Karena mengantisipasi pelanggaran-pelanggaran pemilu,”ujar Rahmadsyah Sinaga, ketua Panwaslu(10/2/2024).

Ia juga menjamin, pihaknya berusaha semaksimal mungkin agar tidak ada embel-embel partai di area tempat Pemilihan Suara.

Masih menurut Rahmad, bimbingan teknis ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pengawas PTPS dalam menjalankan tugas mereka dengan baik dan profesional. Para peserta mendapatkan pemahaman tentang prosedur pemungutan suara, penghitungan suara, serta tindakan yang harus dilakukan dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi di tempat pemungutan suara.

Dalam bimtek ini, para peserta diberikan penjelasan mengenai peran dan tanggung jawab pengawas PTPS dalam menjaga integritas dan keamanan proses pemilihan umum. Mereka diajarkan tentang pentingnya netralitas, keadilan, dan transparansi dalam melaksanakan tugas mereka.Selaku Ketua Pamwascam, ia berharap Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan damai, sesuai aturan yang berlaku.

Didalam bimtek itu, ketua Panwascam juga didampingi oleh anggota (Divisi HP2H) Dina Mariana Lubis, Anggota (Divisi PPPS) Hasbi As Shiddiqy, Kepala Sekretariat Misnan.

Dan juga turut dihadiri oleh unsur forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) yakni Kapolsek Indrapura, Danramil 02 Air Putih, dan Camat Sei Suka.