banner idul fitri
HeadlineMedan

Parkir Di Medan Kini Tak Lagi Berbayar Dengan Kondisi Ini

33
×

Parkir Di Medan Kini Tak Lagi Berbayar Dengan Kondisi Ini

Sebarkan artikel ini
Parkir di Medan bakal gratis tanpa jika tanpa e-parking
Parkir di Medan bakal gratis tanpa jika tanpa e-parking

Medan | Delinews24.net – Parkir di Kota Medan kini tak lagi berbayar di seluruh lokasi dengan kondisi tertentu. Hal ini disampaikan Pemko Medan di situs resmi Portal Pemko Medan. Resminya sejak Selasa, 2 April 2024, pemerintah kota Medan secara resmi menggratiskan biaya parkir di seluruh lokasi yang tidak menggunakan sistem parkir elektronik (e-parking) atau manual (parkir konvensional). Pada saat yang sama, seluruh Surat Perintah Tugas (SPT) Pengawas di lokasi parkir lama juga telah ditarik.

Iswar Lubis, Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, mengamini hal ini ketika ditemui di Taman A. Yani. Dia menyatakan bahwa kebijakan ini akan menghentikan pembayaran parkir dalam bentuk uang tunai atau cash.

Singkatnya, dia menyatakan, “Jika ada pengutipan parkir di lokasi parkir konvensional atau yang bukan e-parking, maka itu praktik pungli. Jika ada yang mengaku jukir dengan menggunakan badge di lokasi parkir konvensional, itu pasti jukir liar.”

Iswar menekankan bahwa terkait kebijakan ini, PAD sektor parkir yang dibayarkan melalui e-parking hanya akan diterima oleh Pemko Medan dari lokasi yang sudah menerapkannya. Dia menambahkan bahwa sampai saat ini, 145 lokasi di Medan telah menerapkan sistem e-parking.

Iswar menyadari bahwa kebijakan ini mungkin terlalu ekstrem. Namun, dia menegaskan bahwa tindakan ini diambil untuk memperbaiki kesalahan dan meningkatkan efisiensi. Menurutnya, kebijakan ini menunjukkan bahwa Pemko Medan memperhatikan warganya.

“Kami sudah mempertimbangkan bahwa uang masyarakat yang masuk dari sektor parkir yang menggunakan sistem manual atau menggunakan uang tunai tidak sepenuhnya masuk ke PAD, jadi lebih baik tidak usah sama sekali,” tegasnya Iswar.

Iswar menambahkan bahwa dengan kebijakan ini, sistem parkir Medan hanya akan digunakan di lokasi yang sudah ditetapkan.

“Dan di lokasi-lokasi e-parking itu hanya ada pembayaran non tunai. Jika ada pemungutan uang tunai, kami nyatakan itu pungli,” ujarnya.

Lebih lanjut Iswar juga berharap masyarakat bekerja sama untuk mendukung kebijakan ini agar sistem perparkiran Medan dapat dilaksanakan.

“Jangan lagi bayar parkir secara cash di lokasi e-parking; bayarlah secara nontunai. Dan jangan bayar parkir di lokasi yang tidak menerapkan e-parking,” terangnya.

“Jika ada orang yang meminta uang untuk parkir di tempat parkir biasa, silahkan laporkan ke pihak kepolisian terdekat atau petugas kami, atau rekam videonya agar dapat dijadikan bukti di hadapan penegak hukum.”

Menurut Iswar, mereka telah mengirimkan surat kepada kepolisian untuk meminta mereka bekerja sama untuk mengawasi pelaksanaan kebijakan yang telah diputuskan dalam rapat yang dipimpin Wali Kota Medan Bobby Nasution dan anggota Forkopimda ini.

“Artinya akan langsung dilakukan tindakan hukum jika ditemukan pungli,” katanya.

Iswar mengungkapkan bahwa akan ada pengawasan terus menerus terhadap pelaksanaan kebijakan ini dan analisis hasilnya. Sekali lagi ia menegaskan, pada dasarnya kebijakan ini menunjukkan bahwa Pemko Medan memperhatikan masyarakat. Dia menyimpulkan bahwa lebih baik masyarakat tidak perlu membayar parkir daripada uang itu diberikan kepada individu tertentu yang tidak jelas tutupnya.