banner idul fitri
New Release

Pemberian Penghargaan SIMURP 2023 oleh BPPSDMP Kementan

121
×

Pemberian Penghargaan SIMURP 2023 oleh BPPSDMP Kementan

Sebarkan artikel ini

Pemberian Penghargaan SIMURP 2023 oleh BPPSDMP Kementan

Kementan|| delinews24.net- Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian memberikan penghargaan dalam program Sistem Informasi Manajemen Usaha Pertanian (SIMURP) 2023. Acara dihadiri oleh Manejer SIMURP, Ibu Sri Mulyani, dan sejumlah petinggi di BPPSDMP Kementan.

SIMURP, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, difokuskan pada strategi pemerintah untuk mengantisipasi dampak negatif perubahan iklim global melalui Pertanian Cerdas Iklim (CSA). Tujuan CSA adalah meningkatkan produksi, produktivitas, Indeks Pertanaman (IP), menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), dan meningkatkan pendapatan petani.

Penghargaan diberikan kepada berbagai kategori, termasuk Penyuluh, Kelompok Tani, BPP, KEP (Kelompok Eksplorasi dan Pengembangan), dan KWT (Kelompok Wanita Tani) di lokasi SIMURP. Kriteria penilaian mencakup kegiatan atau aktivitas yang dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan.

Program SIMURP berjalan di 13 Daerah Irigasi di delapan provinsi dan 16 kabupaten di seluruh Indonesia. Penghargaan diberikan untuk kategori BPP Terbaik, Kelompok Tani Terbaik, dan Penyuluh Terbaik.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Sumatera Utara, H. Sutarman, mengungkapkan bahwa Sumatera Utara meraih penghargaan sebagai BPP Terbaik, Kelompok Tani Terbaik, dan Penyuluh Terbaik dalam acara tersebut. Salah satu penyuluh, Rudi Efendi Hasibuan, dari BPP Sari Rejo Kabupaten Serdang Bedagai, terpilih sebagai Penyuluh Terbaik bersama enam penyuluh lainnya.