New Release

Pemkab Sergai Berkomitmen Membangun Sarana Air Bersih di Desa Makmur

×

Pemkab Sergai Berkomitmen Membangun Sarana Air Bersih di Desa Makmur

Sebarkan artikel ini

Sergai || delinews24.net- Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) telah menegaskan komitmennya untuk segera membangun sarana air bersih di Dusun IV Kebun Pisang, Desa Makmur, Kecamatan Teluk Mengkudu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sergai, Johan Sinaga, melalui Kabid Cipta Karya, Teguh Pane, mengumumkan rencana ini pada Rabu (13/9/2023) di Dusun IV Kebun Pisang. Sarana air bersih akan mencakup saluran perpipaan yang langsung menghubungkan pemukiman warga,

“Tahun ini akan kita upayakan pembangunan sarana air bersih yang nantinya langsung dipasok ke masyarakat melalui saluran pipa.” ujarnya.

Teguh menjelaskan, saat ini, walaupun sudah ada beberapa titik sarana air bersih di Dusun IV, warga masih harus mengambilnya secara langsung ke lokasi. Oleh karena itu, masyarakat telah meminta agar sarana air bersih dibangun secara permanen hingga mencapai pemukiman.

Ia mengatakan, Pembangunan sarana air bersih ini merupakan wujud kepedulian Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, dalam memenuhi harapan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Makmur, Saprik, menyatakan bahwa di desanya sudah ada dua bangunan PAM Simas dari anggaran APBN dan empat titik sumur bor dari anggaran Dana Desa. Walaupun ada kebutuhan akan air bersih, Saprik mengklarifikasi bahwa belum ada krisis air bersih di wilayah tersebut.

“Masyarakat masih dapat mengambil air bersih dari sumur bor program Dana Desa atau dari rumah ibadah,” cetusnya.

Saprik menambahkan bahwa Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sergai telah turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan, dan mereka menemukan bahwa pipa jaringan PAM Simas belum mencapai Dusun IV. Oleh karena itu, pemerintah setempat berencana membangun sarana air bersih yang lebih mencukupi.

Nek Ramlah, seorang warga berusia 74 tahun yang tinggal bersama anaknya, berbagi pengalaman tentang penggunaan air bersih sehari-hari. Meskipun mereka memperoleh air minum dan untuk memasak dari sumur bor di halaman Musholla, mereka harus mengandalkan sumur bor di dalam rumah untuk mandi dan mencuci.

Nek Ramlah juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, dan Wakil Bupati, Adlin Tambunan, atas respon mereka yang cepat terhadap keluhan warga dan berjanji untuk segera membangun sarana air bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *