Headline

Pemudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H Di Indonesia Mengalami Peningkatan

Avatar photo
×

Pemudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H Di Indonesia Mengalami Peningkatan

Sebarkan artikel ini
Pemudik yang memadati arus jalan

delinews24.net || Pemudik tahun ini Mengalami peningkatan dari beberapa tahun terakhir, penduduk dari penjuru Indonesia melakukan perjalanan mudik selama periode lebaran 2024, seperti yang terlihat di lebaran tahun ini masyarakat merasakan sangat meriah dari tahun sebelumnya.

Pada malam takbiran saja sejumlah masyarakat sangat antusias menyambut nya,di berbagai kota yang ada di Indonesia saat malam takbiran menggelar pawai obor ada yang jalan kaki sampai menggunakan truk yang dihiasi pernak-pernik lebaran sampai di beberapa titik arus jalan raya menjadi padat.

Pihak gabungan TNI-Polri bersama instansi terkait mendirikan posko lebaran dan melakukan penjagaan di berbagai titik untuk mengatur sekaligus mengurangi kemacetan di arus mudik.

Tradisi mudik yang dilakukan setahun sekali yang mana momen mudik di pasca libur hari raya idul fitri, adapun pemudik kebanyakan dari masyarakat yang merantau untuk mencari penghasilan buat keluarga di luar kota bahkan sampai luar negeri.

Alasan masyarakat Indonesia melakukan perjalanan mudik sekiranya 52 persen untuk merayakan idul fitri di kampung halaman, sebanyak 35,2 persen tradisi mengunjungi sanak saudara di kampung, dan sekira 10,6 persen memanfaatkan waktu libur lebaran untuk berkunjung ke tempat wisata.

“Tutur salah seorang pemudik dari pekan menuju kota medan ,kami bersama keluarga bisa melakukan mudik di tahun ini,karena berapa tahun sebelumnya kita tidak bisa melakukan mudik dikarenakan Indonesia terkena wabah covid 19 dan pemerintah melarang untuk tidak mudik.

Dinas perhubungan DeliSerdang menjelaskan perbandingan dari tahun 2022,2023 dan 2024 terjadi peningkatan jumlah pemudik,hasil survei tahun 2022 berpotensi hanya 31,6 persen setara 85,5 juta orang dan potensi pergerakan tahun 2023 mencapai 45,8 persen atau sebanyak 123,8 juta orang.

Sedangkan hasil survei 2024 bahwa potensi pergerakan pemudik nasional menjadi 71,7 persen atau sebanyak 193,6 juta orang, ini menjadi data statistik kementerian perhubungan pemudik tahun 2024 cukup meningkat pesat.