banner idul fitri
HeadlineKRIMINALPeristiwa

Polda Jabar Ungkap Kepemilikan Puluhan Senpi Dan Ratusan Peluru Ilegal

170
×

Polda Jabar Ungkap Kepemilikan Puluhan Senpi Dan Ratusan Peluru Ilegal

Sebarkan artikel ini
Tersangkan Hanny Sin Lan pemilik puluhan senpi ilegal.
Tersangkan Hanny Sin Lan pemilik puluhan senpi ilegal.

Delinews24.net – Prestasi moncer kembali diraih Polda Jawa Barat atas pengungkapan kasus kepemilikan puluhan senjata api dan ratusan peluru ilegal di wilkum Kab. Bandung.

Kamis, (28/03/2024), bertempat di ruang Konpers Polda Jabar, Kabid Humas Kombes Jules Abast memberikan keterangan kepada awak media atas kasus tersebut sembari memamerkan barang bukti puluhan jenis senpi laras panjang dan laras pendek lengkap dengan ratusan peluru.

Terungkapnya kasus ini tak terlepas dari peran serta masyarakat Kp. Bojongkacor RT 02/13 Kel. Cibeunying Kec. Cimeunyan Kab. Bandung yang melihat dan melaporkan beberapa orang mencurigakan memindahkan peti barang yang terbungkus lakban ke dalam rumah Sdr. ASEP Mulyana kepada Polisi.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan.

Setelah melakukan penggeledahan, Polisi menemukan 19 pucuk senjata laras panjang yang terdiri dari 6 senjata serbu, 6 senjata sniper, 3 pucuk senjata Carbine, 2 senjata berburu, 1 air soft gun dan senjata lainnya. Kemudian 11 pucuk senjata paras pendek yang kesemuanya berisi peluru penuh.

Pindahkan senjata dari Jakarta ke Cibeuning

Agustus 2023, TKL, tersangka utama membawa pulang peti-peti yang berisi senjata ke rumahnya di komplek Bea Cukai Blok A7 No.2 Kel. Sukapura, Kec. Cilincing, Jakarta Utara. Ia menitipkan barang-barang menakutkan tersebut kepada istrinya sendiri, Hanny Sin Lan untuk disimpan.

4 Maret 2024 Hanny berinisiatif untuk memindahkan barang-barang tersebut ke rumah kerabatnya, Asep Mulyana di Jl. Awiligar RT 02/13 No. 99 Kel. Cibeunying Kec. Cimenyan Kab. Bandung menggunakan mobil carry yang disetir oleh karyawannya.

Warga yang mulai curiga dengan barang-barang tersebut kemudian melaporkannya ke Polisi.

Sempat dikira narkoba

Awal mula Polisi mencurigai benda-benda yang dilakban ketat itu merupakan barang bukti narkoba. Pihak Intel Polda Jabar kemudian mulai mengintai dan mengumpulkan informasi selama kurang lebih 10 hari. Hingga tibalah saatnya untuk melaksanakan penggeledahan.

Senpi ilegal milik TKL di BandungSumber: Dok Polda Jabar
Senpi ilegal milik TKL di Bandung

Senin, (25/03/2024) pukul 19.30 WIB, team Polda Jabar bersama dengan ketua RT 02 melakukan pengecekan terhadap rumah Asep Mulyana. Mereka kemudian membuka salah satu kamar di lantai 2. Dan tak disangka setelah dilakukan pengecekan terdapat beberapa bungkusan besar yang isinya senjata api dan amunisi.

Sumber: RRI