banner idul fitri
Headline

Program Makan Gratis 15000 Per Anak Di Beberapa Kota, Dapat Apa Saja? Yuk Intip

141
×

Program Makan Gratis 15000 Per Anak Di Beberapa Kota, Dapat Apa Saja? Yuk Intip

Sebarkan artikel ini
Dengan Rp15.000 dapat makan apa aja Program Makan Gratis.

Delinews24.net – Paslon pemenang Pemilu 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, memasukkan makan siang gratis ke dalam program kerja mereka. Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, menyambut baik langkah tersebut.

Di luar program susu gratis, setiap anak hanya mendapatkan Rp 15.000 per makan siang. Selain itu, jumlah uang yang diperlukan untuk sekali makan akan didistribusikan secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Program tersebut belum diketahui untuk wilayah mana hingga saat ini. Program Makan Siang Gratis juga belum memiliki informasi tentang menu.

Menurut Ketua Umum Partai Golkar, biaya program makan siang adalah sekitar Rp15.000 per orang yang ditujukan untuk ibu hamil, balita, dan siswa sekolah. Sebagai catatan, harga di tempat ini ditetapkan sebelum harga beras melonjak belakangan ini.

Di Surabaya

Ada banyak warung di Surabaya yang terjangkau Salah satunya adalah Warung Seblak Dan Bebek Jempol. Warung yang berlokasi di Jl. Manukan Lor Depan SD Dorowati Surabaya ini mematok semua harga makanannya hanya Rp10.000 saja. Menu yang tersedia antara lain; Sego Bebek (Nasi Bebek), Sego Ayam (Nasi Ayam), Pempek, Dan Seblak.

 

Sego Bebek di Surabaya hanya Rp10.000,-

 

 

Di Bandung

Apa yang dapat dipilih pembeli di Kota Bandung, Jawa Barat, dengan uang sebesar Rp15.000? Menurut informasi yang kami peroleh, harga rata-rata di beberapa warung nasi di Kota Bandung adalah Rp 15.000, di mana konsumen dapat membeli dua sampai tiga lauk serta nasi.

Misalnya, di Warung Nasi Ido Podomoro di Jalan Cisaranten Kulon, Kota Bandung, seseorang dapat membeli menu ayam dan lalapan dengan harga Rp 15.000. Namun, jika mereka ingin makan ikan, mereka akan diberikan menu satu jenis sayur dengan tahu atau tempe. Jika ada ikan, misalnya, ikan emas goreng, ikan kembung, ikan nila, atau ikan pindang, mereka juga bisa makan sayur dan tahu tempe.

Selain ayam dan ikan, Praptiwi menyatakan bahwa ada pilihan telur dadar, mata sapi, dan balado. Pelanggan akan menerima tambahan dua sayur bersama tahu atau tempe jika mereka memilih menu ini. “Kalau mau lebih banyak, bisa memilih sayuran saja, itu bisa empat jenis, mulai dari lodeh, sup, sayur asem. Ada juga oseng kangkung, sayur bayam, terong balado, dan lainnya,” katanya.

“Yang beli rata-rata kan yang kerja jadi mungkin mereka juga hemat. Tapi kebanyakan yang sekali makan hanya Rp 15.000 tapi kalau akhirnya bulan ada yang makan porsi Rp 10.000,” kata Praptiwi.

Pemilik Warung Nasi Tegal Bahari Gatsu di Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Hasan (44) juga mengatakan hal yang sama. Dengan harga Rp 15.000, Anda bisa mendapatkan ayam dan sayur atau menggantinya dengan tahu atau tempe. Dia juga menyatakan bahwa porsi ini berlaku untuk semua jenis ikan. Hasan menyatakan bahwa harga makanan di Kota Bandung masih terjangkau bagi siswa, mahasiswa, dan karyawan.

Selama siang hari, warungnya penuh dengan pekerja yang ingin makan siang. “Pelanggan yang suka makan disini bilang warung saya masih murah,” katanya. Namun, ini relatif, tergantung pada yang jualnya juga. Dia menyimpulkan, “Tapi bagi saya, yang tidak apa-apa untung sedikit tapi beli banyak.”

Di Medan

Uang Rp15.000 bisa dianggap cukup untuk makan sehari-hari di Kota Medan. Sebelum harga beras naik, rata-rata warung mematok harga nasi biasa dengan lauk ikan antara Rp12.000 dan Rp15.000. Jika telur masih ada, sebagian masih dapat dibeli dengan harga rata-rata Rp10.000. Ini tidak mencakup minuman, seperti es teh atau teh manis panas.

Di Warung Padang Putra Buana misalnya. Terletak di Jl. By Pass Mandala No.09 Medan. Banyak pilihan nasi komplit lauk dengan harga Rp15.000. Tentu saja pilihan pertama dengan lauk telur yang hanya Rp10.000, disusul dengan lauk dencis Rp12.000, hingga lauk ikan nila goreng Rp15.000.

Warung berikutnya yaitu Warung Incek Budi (WIB) di Jalan Sudirman, Kecamatan Medan Polonia. Pemilik warung Budi mengatakan, “Jadi dengan uang Rp 15.000, di sini bisa beli makanan ikan dencis, ikan tongkol campuran nasinya sayur wortel, tauco, sawi kerupuk.”

Harga juga sama di salah satu warung nasi Padang di Jalan Brigjen Hamid, Medan Johor. Di tempat ini, nasi dengan ikan lele bakar dihargai Rp 12.000. Di Cafe Holic di Kecamatan Medan Area, ayam penyet dengan lauk, tempe ayam potongan kecil, tahu, dan nasi seharga Rp 13.000.

Harga tersebut belum termasuk yang di wilayah Deli Serdang yang biasanya lebih murah. Silahkan coba Rumah Makan Padang Putri Pariaman yang terletak di Jl. Batang Kuis Gang Baru. Dengan 8 ribu rupiah sudah dapat nasi lengkap lauk telur dadar. Sedangkan dengan uang Rp12.000 pilihan lauk bisa ikan dencis besar, ikan tongkol, hingga ayam gulai.(red)