INFRASTRUKTURNASIONAL

Proyek APBD Batu Bara TA 2023 Berdiri Diatas HGU PT. Lonsum di Sei Bejangkar.

Avatar photo
85
×

Proyek APBD Batu Bara TA 2023 Berdiri Diatas HGU PT. Lonsum di Sei Bejangkar.

Sebarkan artikel ini

Batu Bara | Delinews24.net – Proyek pembangunan penataan sisi lapangan bola Sei Bejangkar Kec. Sei Balai yang direalisasikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Batu Bara di pertayakan sejumlah kalangan publik. Pasalnya pembangunan tersebut berdiri diatas HGU Perkebunan PT. Lonsum Sei Bejangkar. Senin (22/04/2024).

Menurut salah satu sumber tokoh pemuda Binjai Baru Kec Dato Tanah Datar sebagai kalangan publik dari Ketua Umum LSM Mitra Aliaro Nduru mengatakan proyek pembangunan paving blok, rabat beton dan leningan di lapangan Sei Bejangkar berstatus HGU perkebunan PT. Lonsum
yang laksanakan Dinas PUTR.

Lanjutnya, jelas ini ada indikasi menyalahi aturan.

Dalam penelitianya, proyek yang dibiayai APBD Batu Bara direalisasikan di Perkebunan PT. Lonsum Sei Bejangkar pada judul ” Penataan Sisi Lapangan Bola Sei Bejangkar Kec Sei Balai dengan menelan mata anggaran sebesar Rp. 476.190.476,00 dan HPS Rp. 476.115.982,40.

Proyek ini kembali dijelaskannya proyek ini dilaksanakan oleh penyedia CV. PRATAMA sebagai pemenang tender yang beralamat di Jl Diponegoro No.352 E – Asahan (Kab.) – Sumatera Utara.

Dilaman LPSE Kab Batu Bara juga mencantumkan NPWP 01.579.497.7-115.000 milik pemenang tender dan serta
Harga Penawaran Rp 470.597.088,31 serta Harga Negosiasi Rp 470.597.088,31.

Dari hasil konfirmasi kepada Dinas PUTR kurniawati terkait proyek pembangunan paving blok, rabat beton dan leningan di lapangan Sei Bejangkar itu masih berstatus HGU perkebunan PT. Lonsum,
apakah benar ada merealisasikan kegiatan proyek tersebut dan menggunakan biaya dari APBD Batu Bara T.A 2023.

Jawaban Dinas PUTR Batu Bara Kurniawati menerangkan Hgu mana bang, sepanjang yg saya tau pemkab bisa meminjam pakai tanah ato lokasi yg kurang dimanfaatkan oleh perusahaan HGU sepanjang lahan tersebut tidak dimanfaatkan olrh perusahaan tsb dan dianggap oleh pemkab sangat bermanfaat bagi publik.

Sikonfirmasi apa regulasinya? Apakah ada nota kesepahaman antara pihak pemkab dgn pemilik hgu.

Jawab Dinas PUTR Batu Bara, ada srt permohonan dan persetujuannya, coba tanya bappeda babg, cetus Plt Dinas PUTR Batu Bara Kurniawati.

Kurniawati minta menghubungi PPK PUTR Batu Bara Tunas Sinaga

Sikonfirmasi menjelaskan, Tak mau tunas angkat, informasi beredar dari rekan-rekan Lembaga, semua kegiatan PU dibuangnya sama Plt Dinas PU.

Kami menduga ppk pu ada unsur agar ibu Dinas PU disalahkan

Ibu PUTR Kurnia: Kalo si tunas emang payah di Wa aja nanti di balas.

Kalo ini biarlah bang, allah aja yg membalasnya semua, aku dibatu bqra ini niqtnyq iklas kalo ppk itu kek gitu terserah mereka, tambah Ibu PUTR Kurnia, Tunas tahun ini gak jafi PPK lagi krn kelakuannya itu, payah angkat hp, jgnkan otg abang saya kadisnya aja payah telp diya

Disoal apakah kegaitan sudah selesai dikerjakan atau proyek itu tender gagal, sekira pukul 18.17 Wib Ibu PUTR Kurnia: Sdh bang sdh selesai , bukan tender gagal, semuanya itu PPKnya tunas.

Akhir konfirmasi, nanti saya hubungi ya si tunas, saya tanyakan ke diya bang, tutup Dinas PUTR. (07/D24)