banner idul fitri
Renungan Ramadhan

Ramadhan Bulan Ummat: Perbaiki Ibadah, Sedekah Dan Hubungan Ukhuwah

Avatar photo
512
×

Ramadhan Bulan Ummat: <span style='color:#808080; font-weight: 400;'>Perbaiki Ibadah, Sedekah Dan Hubungan Ukhuwah</span>

Sebarkan artikel ini

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling di tunggu-tunggu oleh ummat manusia diseluruh dunia dimana bulan ini sangat penuh dengan keistimewaan dan Fadillah di dalam nya .

Bulan dimana ummat muslim di dunia bisa sebanyak-banyaknya memanen pahala dari setiap amal Sholeh yang dikerjakan baik itu yang wajib seperti shalat, puasa, zakat maupun ibadah sunnah seperti shalat tarawih, shalat witir, qiamul Laili dan lainnya.

Kenapa bulan ramadhan ada lah bulan Ummat?

Dikalangan perawi dan ahli hadis, hadis yang artinya berbunyi ” Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan ummatku”.

Diriwayatkan al-Dailami dalam musnad al-Firdausi ini adalah hadist maudhu’ (palsu) namun kita dapat mengambil intisari dimana tiap2 bulan yang dekat dengan ramadhan seperti Rajab, dan Sya’ban adalah bulan *persiapan* bagi kita untuk menyambut dengan suka cita bulan Ramdhan dikarenakan bulan Ramadhan ini adalah bulan maghfiroh bulan pengampunan dan otomatis demi mendapatkan pengampunan dari Allah SWT kita harus bersiap 2 bulan lama nya untuk lebih paten beribadah dalam bulan Ramadhan ini.

Ajang Perbaikan Ibadah

dengan datangnya bulan suci ini kita harus berbondong-bondong perbaiki Ibadah baik itu wajib dan harus di tambah dengan Ibadah sunnahnya dengan ikhtiar meraih pahala sebanyak-banyaknya karna Puasa saja tambah mengerjakan Shalat di misalkan sebagai makan saja tanpa minum pastinya akan Dahaga terus menerus dikarenakan shalat adalah hubungan Allah dengan Hambanya sementara puasa adalah persembahan Hamba kepala Allah atas permohonan penghapusan dosa yang telah lalu dan yang akan datang makanya Ibadah-ibadah yang harus di kerjakan di bulan Ramadhan ini dan harus adalah keharusan bagi hambanya.

Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Amalan di bulan puasa yang sering kali di sampaikan oleh ulama dan dai-dai dalam berceramah adalah sedekah, maka sedekah apa yang dimaksud apakah harus duit saja atau harta kekayaan?

Dari Annas ra berkata, Wahai Rasulullah, sedekah apa yang di nilai paling Utama? Rasulullah menjawab, “sedekah dibulan Ramadhan”. (HR at-tirmidzi).

Maka dapat kita ambil makna bahwasanya Sedekah dengan segala macam yang ada pada diri kita jika kita ada duit berlebih maka dengan duitlah kita bersedekah, jikalau dengan makanan berbuka atau sahur maka dengan makanan lah kita bersedekah, dan jika kita tidak punya keduanya dengan tenaga kita bersedekah dengan mempersiapkan masjid sekitar kita tinggal kebersihannya, kerapiannya untuk di pakai beribadah selama bulan puasa.

Menjaga Ukhuwah

Hal ini sebagai penguat penyataan di atas bahwa hubungan sesama muslim sesama beragama Islam harus di eratkan karena mungkin rezeki tetangga kita, rezeki kawan kita itu sebagian di titipkan kepada kita maka hendaklah kita melihat sekeliling kita, melihat sanak saudara kita, melihat Jiran tetangga kita jikalau keberadaan kita bisa meringankan bebannya maka wajiblah kita membantunya dan berharap Ridha dari Allah SWT demi menambah pahala kita di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini _Wallahu a’lam_.