Selamat Idul Kurban
BUDAYASerdang Bedagai

Ronggeng 5 Istana Melayu Deli : Pemkab Sergai Berharap Kegiatan Kebudayaan Berkembang

×

Ronggeng 5 Istana Melayu Deli : Pemkab Sergai Berharap Kegiatan Kebudayaan Berkembang

Sebarkan artikel ini

Tanjung Beringin || delinews24.net

Komunitas Musik Melayu Deli melalui Dana Indonesiana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia membuat terobosan budaya melalui kegiatan Ronggeng Lima Istana 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bergilir dengan menyambangi 5 istana melayu bersejarah yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Kabupaten Serdang Bedagai, tepatnya Kecamatan Tanjung Beringin menjadi tempat kedua setelah Kabupaten Batubara, kegiatan tersebut berjalan aman dan kondusif di lapangan eks Istana Negeri Bedagai, Jl. Masjid, Dusun V Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin Jum’at, (24/05/2024) malam.

Keberadaan Kesultanan Melayu di masa lampau merupakan bagian sejarah yang berbentuk kebudayaan dan peradaban yang ada di Indonesia. Budaya dan peradaban ini tidak boleh terlupakan, justru harus kita lestarikan. Hal tersebut disampaikan oleh Zainal Arifin Nasution ketua panitia dalam sambutannya.

“Atas pemikiran inilah kami dari Komunitas Musik Melayu Deli berkolaborasi dengan Komunitas Telangkai Kabupaten Serdang Bedagai hadir di Istana Negeri Bedagai mengajak seluruh masyarakat untuk berhadir pada malam hari ini dan menyaksikan kegiatan kami yang berjudul ronggeng 5 Istana” jelasnya.

Arif sapaan akrab beliau, juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah sebuah parade kebudayaan kelima Istana Melayu yang sudah rusak atau bahkan hanya tinggal tempatnya saja.

“Ada 5 Istana yang kita jadikan tempat melaksanakan kegiatan kebudayaan ini, yang pertama Istana Lima Laras Batubara Kabupaten Batubara, kedua Istana Negeri Bedagai Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai, yang ketiga eks Istana Darul Arifin Rantau Panjang Kabupaten Deli Serdang,  yang keempat Istana Kedatukan Ulung Sepuluh Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, dan kelima eks Istana Kesultanan Langkat di Tanjung Pura Kabupaten Langkat” ucapnya lebih jelas.

Arif mengucapkan terimakasih kepada Kemendikbudristek yang telah mendukung kegiatan tersebut melalui Dana Inadonesiana.

“Ronggeng adalah kebersamaan, ronggeng adalah kegembiraan, mari kita beronggeng bersama, mari kita bergembira bersama” pungkas Arif dengan penuh semangat diakhir sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Serdang Bedagai H. Darma Wijaya yang diwakili l Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Drs. Zulfikar dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dari Komunitas Musik Melayu Deli yang telah melestarikan adat budaya Melayu melalui ide-ide cemerlangnya.

“Melalui Ronggeng Lima Istana ini, kami yakin kita dapat membangkitkan semangat generasi-generasi muda khususnya di Kecamatan Tanjung Beringin agar kiranya mereka dapat ikut serta dalam melestarikan budaya Melayu yang kita ketahui bersama sudah hampir hilang ditelan zaman” ucapnya

Drs. Zulfikar juga mengucapkan terimakasih kepada Panitia Komunitas Musik Melayu Deli berkolaborasi dengan Komunitas Telangkai yang telah mamilih Kecamatan Tanjung Beringin sebagai tempat pelaksanaan kegiatan kebudayaan tersebut.

“Mari kita lihat dan kita dengarkan seluruh rangkaian kegiatan pada hari ini, semoga dapat menambah semangat kita untuk melestarikan budaya Melayu khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai. Tentunya melalui kegiatan yang ditampilkan pada hari ini,” tambah Zulfikar, “dapat memotivasi seluruh generasi-generasi muda untuk melestarikan kembali nilai-nilai budaya Melayu di Kabupaten Serdang Bedagai” ujarnya.

“Kami berharap kegiatan pelestarian budaya ini dapat terus berkembang dilanjutkan hingga ke tahun-tahun berikutnya, kami yakin dengan kegiatan-kegiatan positif seperti ini dapat menjadi pelopor utama dalam mencegah pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkotika khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai yang kita cintai ini” tutup Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin. Disela kegiatan, dilakukan penyerahan anugerah penghargaan kepada Tokoh Melayu yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Anggota DPRD Serdang Bedagai, Surya Anggara, S.H, Camat Tanjung Beringin, Nurchinta Tambunan, Kapolsek Tanjung Beringin AKP. T Sihombing, Koramil 11 Tanjung Beringin, serta beberapa Kepala Desa se kecamatan Tanjung Beringin.