banner idul fitri
Deli Serdang

Serahkan LKPD 2023 HM Ali Yusuf: Tak Ada Gading Yang Tak Retak

Avatar photo
178
×

Serahkan LKPD 2023 HM Ali Yusuf: Tak Ada Gading Yang Tak Retak

Sebarkan artikel ini
Serah terima LKPJ Deli Serdang kepada BPK RI
Serah terima LKPJ Deli Serdang kepada BPK RI

Delinews24.net – Rabu, 27 Maret 2024, Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun 2023 kepada Eydu Oktain Panjaitan SE MM Ak CA CSFA, Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, di Aula Kantor BPK RI Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol, No.22, Medan.

Penyerahan LKPD Unaudited Tahun 2023 juga diberikan kepada Kabupaten Dairi dan Tapanuli Tengah, selain Kabupaten Deli Serdang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan BPK RI Provinsi Sumatera Utara, terutama Tim pemeriksa LKPD Kabupaten Deli Serdang.

Sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang perbendaharaan negara, tim pemeriksa telah melakukan pemeriksaan interim, membimbing, memberikan masukan, saran, dan petunjuknya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang sehingga dapat menyerahkan LKPD Unaudited Tahun 2023 tepat waktu. Undang-undang ini menetapkan bahwa pemerintah daerah harus menyerahkan laporan keuangan kepada BPK RI untuk pemeriksaan paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran.

Bupati percaya bahwa kegiatan yang telah dilakukan bertujuan untuk menilai dan mengukur kepatuhan pemerintah daerah terhadap standar akutansi pemerintah, tranparansi pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan penerapan sistem, dan pengendalian internal pemerintah. “Tidak ada gading yang tak retak, kami yakin LKPD Tahun 2023 ini masih belum sempurna, oleh karena itu kami meminta bimbingan dan masukan dari BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dengan harapan dapat menyelesaikan masalah ini dengan baik

Bupati menyatakan bahwa penghargaan tertinggi ini akan memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh masyarakat Kabupaten Deli Serdang untuk membangun Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan. Pemerintah Kabupaten Deli Serdang akan terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan dan menindaklanjuti semua rekomendasi BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, yang akan dimasukkan dalam laporan hasil pemeriksaan.

Sementara itu, Eydu Oktain Panjaitan SE MM AkCA CSFA, Kepala BPK RI Sumatera Utara, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Deli Serdang, Pemerintah Kabupaten Dairi, dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah atas penyerahan LKPD Unaudited Tahun 2023 dengan cepat dan tepat waktu.

Ketiga pemerintah daerah ini telah melaksanakan janji UU No.1 Tahun 2004 yang membentuk pemerintah daerah ke 12, 13 dan 14 di Sumatera Utara (dengan tanggal penyerahan yang sama) dan lebih cepat empat hari dari waktu yang tersedia, yaitu 31 Maret 2022.

Selain itu, BPK akan melakukan pemeriksaan terperinci atas LKPD Tahun 2023 untuk Kabupaten Deli Serdang dari tanggal 1 April hingga 5 April 2024. Karena akan mendekati libur Idul Fitri selama pemeriksaan, kami memberikan jeda waktu. Menurut Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, akan dimulai lagi dari tanggal 16 April hingga 7 Mei 2022.

Mereka yang hadir bersama Bupati adalah Inspektur Edwin Nasution SH, Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK), Janso Sipahutar ST MT, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA), Baginda Thomas Harahap SH, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Muhammad Salim SP MSi, Kadis Pendidikan, Yudy Hilmawan SE MM, Kadis Kominfostan, Drs Khairul Azman MAP, Sekretaris Dewan, Drs Binsar