banner idul fitri
Breaking News

Stop Berita Hoax : KPU Batu Bara Ngopi Santai Bersama Wartawan. 

Avatar photo
76
×

Stop Berita Hoax : KPU Batu Bara Ngopi Santai Bersama Wartawan. 

Sebarkan artikel ini

Stop Berita Hoax : KPU Batu Bara Ngopi Santai Bersama Wartawan.

Batu Bara – delinews24.net -Komisi Pemilihan Umum KPU Batu Bara Ngobrol Pemilu (Ngopi) Santai bersama wartawan tema Stop Berita Hoax. Selasa (05/12/2023) di aula Fatner Coffe, Jalinsum Lima Puluh Kota Kab Batu Bara.

Plh Ketua KPU Batu Bara Husnul Zein menyampaikan kegiatan ini dilakukan untuk memsosialisasikan, bagaimana dalam mengantisipasi berita hoax menjelang pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Bahwa, KPU akan mengunakan pemanfaatan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) sebagai alat bantu telah berhasil menghadirkan keterbukaan Transparansi pada Pemilihan, dan KPU pun berkomitmen untuk terus memanfaatkan keunggulan Sirekap ini pada Pemilu 2024 mendatang.

Lanjut Husnul, sistem Sirekap yang di apload oleh petugas PPS dan PPK di hari – H pemungutan suara, dan itu bisa cek di situs Infopemilu.kpu.id

Dimana, jenis surat suara nantinya untuk Presiden bewarna Abu – abu, DPD RI Merah, DPR RI Kuning, DPRD Provinsi Biru dan DPRD Kabupaten Hijau.

Kabupaten Batu Bara memiliki 12 Kecamatan Desa/Kelurahan sebanyak 151 rincianya Desa 141 dan Kelurahan 10.

Sedangkan TPS sebanyak 1.446 serta DPT 158.614 + 158.021 = 316.635,” jelas Husnul.

Ketua PWI Batu Bara Mhd Dian Safei, S. Sos sebagai nara sumber sosialisasi yang digelar KPU dalam memaparkan bahwa seluruh pihak berkomitmen dalam menyukseskan pemilu 2024 tidak terkecuali peran Pres media masa.

Sebagaimana, pengertian Pers sesuai Undang – undangan (UU) No. 40 tahun 1999 tentang Pers, oleh sebab itu, diperlukan berita yang berimbang dan memberikan kesempatan kepada semua pihak.

“Pers juga dapat berperan sebagai penyampai informasi yang akurat, sekaligus penangkal berita hoax yang biasanya massif tersebar saat pemilu berlangsung,” tutup narsum Dian.

Kegiatan tersebut juga tidak luput dari pantauan sejumlah wartawan berbagai media mitra KPU Batu Bara, (Staf07)