banner idul fitri
Breaking NewsHeadlineNASIONAL

Video Viral: Pembongkaran Tenda Pengungsi Rohingya di Aceh Memicu Kontroversi

Avatar photo
150
×

Video Viral: Pembongkaran Tenda Pengungsi Rohingya di Aceh Memicu Kontroversi

Sebarkan artikel ini

Video Viral: Pembongkaran Tenda Pengungsi Rohingya di Aceh Memicu Kontroversi

Aceh || delinews24- Sebuah video viral menunjukkan warga Desa Balohan Sabah, Aceh, membongkar tenda pengungsi Rohingya pada Senin, 4 Desember 2023. Video berdurasi 30 detik tersebut tersebar luas di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo.

Dalam video, ratusan pengungsi Rohingya terlihat duduk di rumput, kemudian tenda-tenda mereka dibongkar. Beberapa orang naik ke truk sambil dikawal petugas kepolisian. Unggahan @fakta.indo menjelaskan bahwa warga Sabah Aceh membongkar tenda pengungsi Rohingya dan memindahkan 139 orang secara paksa ke kantor walikota Sabang.

Kejadian ini menciptakan kontroversi karena warga menolak kehadiran imigran Rohingya yang terus bertambah di desa mereka. Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD untuk menangani gelombang imigran Rohingya yang tiba di pantai Aceh sejak pertengahan November 2023.

Hingga akhir November 2023, 507 pengungsi Rohingya ditempatkan sementara di Loksumawe.

Kapolda Aceh Irjen Ahmad Kartiko meminta UNHCR bertanggung jawab atas gelombang pengungsi Rohingya yang tiba di Aceh. Dari hasil penyelidikan, banyak pengungsi ini memiliki identitas dari UNHCR dengan bahasa Bangladesh.

Pemerintah setempat dan UNHCR diinstruksikan oleh Presiden Jokowi untuk menyelesaikan masalah ini bersama-sama. Meskipun sebagian besar pengungsi telah ditempatkan di berbagai lokasi, kehadiran mereka tetap memicu reaksi keras dari sebagian warga setempat di Aceh.

Situasi ini terus menjadi fokus perhatian pemerintah dan lembaga terkait.