Selamat Idul Kurban
Medan

Waisak Fair 2024: Semua Ceria Semua Bersuka Cita

Avatar photo
×

Waisak Fair 2024: Semua Ceria Semua Bersuka Cita

Sebarkan artikel ini
Pemukulan gong saat pembukaan Waisak Fair 2024 oleh Pembimas Buddha Kanwil Depag Sumatera Utara Bapak Dr. Budi Sulistiyo,S.Ag, MPd.B,M.H.

Medan | Delinews24.net – Ribuan umat Buddha dari kota Medan dan sekitarnya menghadiri Waisak Fair 2024 pada tanggal 26 Mei 2024 yang di selenggarakan Majelis Buddhayana Indonesia Provinsi Sumatera Utara di restaurant Grand Ocean Kompleks Cemara Asri Medan dengan nuansa semua ceria dan semua bersuka cita. Acara ini juga mendapat dukungan dari segenap Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI).

Dalam laporannya Ketua Panitia Waisak Fair 2024 UAP. Prajnaputra Wan Hui ST menjelaskan bahwa pelaksanaan Waisak Fair kali ini juga di barengi dengan bazar berkah dan berbagai hiburan bernuansa waisak dari muda-mudi vihara/cetiya dan anggota KBI lainnya serta berbagai lomba seperti lomba mewarnai, busana batik Nusantara, cerita Buddhis dan Waisak got talent sehingga Waisak Fair 2024 ini semakin meriah.

Penguyuran Pratima Buddha (Yi Fo) merupakan salah satu kegiatan yang tak bisa dilewatkan oleh seluruh Umat Buddha yang dengan hikmat melaksanakan ritual tersebut. Menjelang pukul 11.00 WIB umat Buddha melaksanakan dana makan siang bagi seluruh anggota Sangha yang hadir.

foto Penguyuran Pratima Buddha (Yi Fo) oleh Bhikkhu-Bhikkhuni Sangha

Sementara Itu Ketua Majelis Buddhayana Indonesia Provinsi Sumatera Utara Bapak UP. Ir Eddy Sujono Setiawan,SE,MM, dalam sambutannya mengatakan bahwa acara Waisak Fair 2024 ini memang di kemas dengan bazar berkah dan kegiatan kreativitas lainnya yang sangat diharapkan menjadi dorongan bagi Masyarakat luas dalam kegiatan ekonomi mereka.

Dalam pesan Waisak ini, Wakil Sekretaris Wilayah Sangha Agung Indonesia (SAGIN) Sumut dan Aceh 1 Y.M. Bhikkhu Aggacitto Thera mengatakan bahwa mengemas acara waisak dengan menonjolkan sisi Kebajikan dan dapat membuat umat Buddha memahami hakikat dari momen Waisak.

Waisak Fair 2024 ini turut dihadiri oleh Y.M. Bhiksu Nyanaprathama Mahasthavira selaku Anu Mahanayaka Sagin, Y.M. Bhiksuni Bhadrasuddhiyanti Mahasthavira selaku Nayika Sangha Bhiksuni Sagin, Y.M. Bhiksu Badrasagara Sthavira selaku Wakil Sekretaris wilayah Sagin sumut Aceh 2 dan para anggota Sangha Sagin lainnya, turut hadir juga Perwakilan Sekber Yabuddhi serta segenap badan otonom dan para pandita Buddhayana dan pengurus Vihara atau Cetiya.

Sambutan dari Pembimas Buddha Kanwil Depag Sumatera Utara Bapak Dr. Budi Sulistiyo,S.Ag, MPd.B,M.H. mengingat kepada kita untuk mrefleksi diri untuk meningkatkan keyakinan kita terhadap ajaran Buddha dan mengisi kegiatan Waisak dengan hal-hal yang memberikan konstribusi ke ekonomi kreatif Buddhis serta meningkatkan pelayanan terhadap umat Buddha kemudian di lanjutkan pemukulan gong tanda acara ini dibuka secara resmi.

Keunikan Waisak Fair 2024 kali ini adalah adanya replika Stupa Agung dan banner tiga peristiwa waisak yang dapat di abadikan oleh seluruh tamu undangan yang hadir dan menuliskan mendoakan harapan mereka di wishing tree sambil menikmati kemeriahan suasana acara dengan beraneka makan dan minuman, alat sembahyang, buku buddhis, fashion, permainan serta produk kebutuhan sehari-hari dan lainnya.

Sebagaimana di ketahui, TrisuciWaisak ini memperingati tiga peristiwa penting yakni Kelahiran Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Sempurna dan menjadi Buddha, serta Buddha Gautama wafat (Pari Nibbana).