banner idul fitri
Pemilu 2024

Warga Humbahas Akan Segera Tagih Janji Prabowo-Gibran

46
×

Warga Humbahas Akan Segera Tagih Janji Prabowo-Gibran

Sebarkan artikel ini
Gibran ketika melakukan kampanye ke Humbang Hasundutan Doc Jelajah Sumut

Delinews24.net – Masyarakat dan tokoh adat Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumut, akan segera menagih janji pemekaran Provinsi Tapanuli karena dipastikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming menang dalam pemilihan presiden 2024. Hal tersebut dijanjikan Gibran saat berbicara dengan mereka di Dolok Sanggul, Humbahas.

Salah satu anggota masyarakat Humbahas, Robilman Manalu, mengajukan permintaan itu. Pada awalnya mengklaim bahwa masyarakat Humbahas bersiap untuk memenangkan Prabowo-Gibran dalam pemilihan presiden 2024.

Robilman Manalu menyatakan pada hari Sabtu (18/11) lalu, “Masyarakat Humbang Hasundutan siap memenangkan Pak Gibran dan Pak Prabowo.”

Selanjutnya, Manalu menyatakan bahwa mereka telah meminta untuk memisahkan Provinsi Tapanuli dari Sumut sejak lama. Dia meminta agar permintaan itu segera diwujudkan setelah Gibran dinyatakan menang dalam pilpres 2024.

Sudah lama kami berharap bahwa Tapanuli secara keseluruhan dimekarkan. Dia menambahkan, “Kami sangat berharap Provinsi akan didirikan segera setelah bapak dilantik sebagai wakil presiden.”

Simbolon, yang mewakili tokoh masyarakat dan pemuda Humbahas, juga membahas infrastruktur yang menghubungkan Sangkaran, Tapanuli Utara, dan Sibolga. Humuntar Lumban Gaol telah mengajukan akses sebelumnya.

Simbolon menyatakan bahwa mereka meminta akses kelancaran perekonomian yang telah dimulai oleh Pak Humuntar Lumban Gaol pada saat Tulang RE Nainggolan menjabat sebagai Sekda Provinsi Sumatera Utara. Jalan dari Sangkaran ke Sibolga juga telah direncanakan.

Akibatnya, dia meminta agar pembangunan jalan tersebut dilanjutkan jika Gibran menjabat sebagai Wakil Presiden, dengan tujuan untuk mempermudah komunikasi antar wilayah Tapanuli.

Dia menyatakan harapan mereka agar jalur kereta api dari Sangkaran ke Sibolga dibuat lebih mudah untuk infrastruktur setelah Pak Gibran menjabat sebagai wakil presiden.

Gibran sendiri menyatakan bahwa dia akan menyelesaikan PR yang belum selesai dengan bekerja sama dengan kepala daerah dan tokoh masyarakat. Dia berharap dukungan dan doa warga semuanya akan membantu menyelesaikannya.

“PR-PR yang belum terselesaikan nanti insyaallah kami selesaikan, dengan dukungan dan doa dari bapak ibu semua,” tutup Gibran.