Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pendidikan

Anisa Antiwi Safitri Raih The Best Group Presentation Dalam Delegasi International Youth Leader (IYL) Chapter “Muslimah Day Out” Batch 30 di Lombok-NTB 2021

4
×

Anisa Antiwi Safitri Raih The Best Group Presentation Dalam Delegasi International Youth Leader (IYL) Chapter “Muslimah Day Out” Batch 30 di Lombok-NTB 2021

Share this article

Serdang Bedagai || Delinews24.net

Mahasiswa UINSU asal kabupaten Serdang Bedagai, Anisa Antiwi Safitri menjadi delegasi Indonesia dalam Internasional Youth Leader (IYL) Chapter “Muslimah Day Out” Batch 30 di Lombok, NTB yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai pada tanggal 22 – 24 Juli 2021.

International Youth Leader (IYL) merupakan platform pelatihan dan pendidikan kepemimpinan untuk pemuda Indonesia yang dibentuk oleh International Youth Leader yang bergerak di bidang student exchange, leadership camp, halal tour and travel. Youth Leader sendiri di fokuskan untuk melatih pemimpin muda yang berpotensi agar mandiri dan siap bersaing di kancah Internasional.

Anisa Antiwi Safitri menyampaikan bahwa sebelum ia terpilih menjadi delegasi dalam International Youth Leader ini memerlukan persiapan yang cukup panjang, mulai dari proses seleksi pemberkasan, pembuatan esai dan proses wawancara untuk menentukan 15 delegasi terbaik dari seluruh peserta Indonesia.

“Setelah saya terpilih menjadi 15 delegasi terbaik dari seluruh peserta Indonesia, kemudian saya dan peserta lainnya diberangkatkan menuju Lombok. Sesampainya di Lombok, dari 15 delegasi ini dibagi kedalam beberapa kelompok untuk membuat paper presentation,” ujar Anisa Antiwi Safitri saat di wawancara melalui WhatsApp.

Dalam kegiatan ini, Anisa berkolaborasi dengan timnya berjumlah 3 orang yang berasal dari universitas yang berbeda, meliputi Universitas Sriwijaya, Politeknik Negeri Lhokseumawe, dan Universitas Hasanuddin.

Paper presentation yang disampaikan oleh Anisa dan timnya berhasil mendapatkan penghargaan sebagai The Best Group Presentation dalam International Youth Leader (IYL) Chapter Muslimah Day Out Batch 30 di Lombok, NTB.

Dengan mengangkat tema keunikan dan kearifan lokal masyarakat Lombok Desa Sade, dengan kebudayaan sasaknya yang sangat kental terutama banyaknya permukiman adat.
Karena permukiman tersebut biasanya merupakan sisa-sisa dari kebudayaan yang masih dapat dipertahankan dan dilestarikan. Harapannya perlu adanya pemberdayaan dan pemeliharaan yang tetap dari pihak pemerintah terkait untuk menjaga dan melestarikan permukiman tradisional yang masih ada”, ujar Anisa Antiwi Safitri saat di wawancara melalui WhatsApp.

Anisa Antiwi Safitri mengaku sangat bersyukur atas terpilihnya ia sebagai salah satu dari 15 delegasi terbaik dan mendapatkan penghargaan “The Best Group Presentation dalam International Youth Leader (IYL) Chapter “Muslimah Day Out” Batch 30 di Lombok, NTB.

Example 120x600