banner idul fitri
Ekonomi

Bupati Nias Barat Singgahi Rumah Warga Tak layak Huni

1812
×

Bupati Nias Barat Singgahi Rumah Warga Tak layak Huni

Sebarkan artikel ini

Nias Barat|| delinews24.net- Bupati Singgahi Rumah Warga Tak layak Huni

Pada acara peletakan batu pertama Bundaran Mado Hia Silima Moina di Simpang Tiga Lahomi Desa Sisobandrao Kecamatan Sirombu, Rabu (29/11/2023) pagi, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, menemukan lagi rumah warga yang memerlukan renovasi karena kondisinya tidak layak huni.

Sebuah bangunan rumah terlihat hanya beralaskan tanah, beratapkan seng yang sudah mulai korosi, dengan dinding papan yang sebagian besar sudah lapuk. Tergerak oleh kondisi tersebut, Bupati Khenoki Waruwu turun dari mobil dinasnya dan langsung berbicara dengan pemilik rumah.

Rumah yang teridentifikasi ini dimiliki oleh Tolona Daeli, seorang warga Desa Hiliadulo Kecamatan Lahomi yang tinggal di Desa Sisobandrao Kecamatan Sirombu.

Bupati Khenoki Waruwu terlihat berbincang-bincang dengan Tolona Daeli, mengungkapkan kepedulian terhadap rumah yang tidak layak huni tersebut.

Setelah meninjau langsung kondisi rumah, Bupati Nias Barat segera menghubungi dan memberi perintah kepada Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup untuk merenovasi rumah tersebut pada tahun mendatang.

Bupati Waruwu, kepada para awak media di sekitar lokasi, menjelaskan bahwa rehabilitasi dan pembangunan baru rumah yang tidak layak huni merupakan salah satu fokus programnya.

Sejak awal kepemimpinannya di Kabupaten Nias Barat, telah dibangun sebanyak 775 unit rumah tidak layak huni.

“Keterbatasan anggaran membuat kita tidak bisa melaksanakan pembangunan sekaligus. Namun, saya berkomitmen untuk melanjutkan program ini secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” ungkapnya.