Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
OLAHRAGA

Bantai Malaysia 4 : 1, INDONESIA Pulangkan Malaysia di Piala AFF 2020

4
×

Bantai Malaysia 4 : 1, INDONESIA Pulangkan Malaysia di Piala AFF 2020

Share this article

Singapore || Delinews24.net – Bantai Timnas Malaysia 4 : 1 di group B, Timnas Indonesia pulangkan Timnas Malaysia di ajang Piala AFF 2020 Singapore.

Diawal penyelenggaraan Piala AFF 2020, anak asuh Shin Tae-Yong sama sekali tidak diunggulkan, bahkan diprediksi angkat koper dan kalah bersaing dengan juara bertahan Timnas Vietnam dan Harimau Malaya julukan Timnas Malaysian, sang rival di Asia Tenggara.

Kini, setelah babak penyisihan Group B yang resmi berakhir pada hari ini, Minggu 19 Desember 2021, memutar balikan semua prediksi pengamat bola Piala AFF 2020.

Luar biasa nya, Timnas Indonesia yang membawa talenta-talenta muda nya berhasil meraih juara Group B dan akan menantang Runner-up Group A, Timnas Singapore pada 22 Desember 2021 mendatang.

JALANNYA PERTANDINGAN

Bertanding di National Stadium Singapore, 19 Desember 2021, Indonesia sempat tertinggal dari Harimau Malaya 0 : 1.

Pemain Malaysia, Kogileswaran memanfaatkan kesalahan Irfan Jaya yang salah menghalau bola, halauan bolanya dapat dikuasi Kogileswaran didepan kotak pinalti, dengan tendangan kaki kanannya, bola meluncur deras masuk ke pojok kiri Nadeo Argawinata kiper Indonesia, tepat di menit ke 13′ babak pertama.

Cupplikan Pertandingan Indonesia VS Malaysia di Piala AFF 2020

Tertinggal 0:1, direspon anak anak Garuda, dengan terus melakukan serangan balasan, Indonesia akhirnya dapat mencetak gol balasan pada menit ke-36 lewat Irfan Jaya

Irfan Jaya menggila, melalui aksinya kembali dirinya mencetak gol kedua, untuk memimpin Timnas Indonesia unggul dari Malaysia di menit ke 43′ babak pertama, sekaligus membayar kesalahan nya atas terciptanya gol dari Koligeswara.

Gol ini bermula dari umpan tarik Witan Sulaiman kepada Irfan Jaya didalam kotak pinalti Malaysia, tanpa dikontrol Irfan Jaya melepaskan melepaskan tendangan kaki kiri yang gagal diselamatkan Khairul Fahmi kiper Malaysia. Indonesia unggul 2:1 dibabak pertama atas Malaysia.

Dibabak kedua, permainan indah anak-anak Garuda tersajikan dilapangan, dan kokohnya benteng pertahanan membuat Frustasi punggawa Harimau Malaya

Bukan menambah gol untuk menyamakan kedudukan, Malaysia kembali kebobolan dua gol dari Indonesia.

Anak-anak Garuda saat merayakan Gol

Kali ini tambahan gol Indonesia, dicetak oleh gol cantik dari luar kotak pinalti Malaysia. Sepakan keras melengkung dari Pratama Arahan dimenit 50′ tidak dapat diantisipasi Khairul Fahmi, kiper senior Harimau Malaya. Indonesia kembali unggul 3:1.

Kondisi tertinggal 3:1, Malaysia berusaha terus mengejar ketertinggalannya dengan memainkan strategi umpan lambung, memanfaatkan postur tinggi penyerang naturalisasinya, namun tembok kokoh Indonesia yang dibentengi Elkan Baggot dan apik nya permainan Nadeo Argawinata, benar benar membuat Frustasi stiker Malaysia.

Ditambah lagi, Shin Tae-Yong memasukan Ivan Dimas dibabak kedua, membuat permainan Indonesia lebih rapi dan terorganisir.

Elkan Baggot Saat Melesakan Bola ke Jaring Malaysia Melalui Sundulan Kepala

Taktik jitu Shin Tae-Yong terbukti ampuh, Indonesia kembali unggul di Menit 82′, kali ini berangkat dari sepakan pojok, memanfaatkan umpan pojok lambung, Elkan Baggot menyambar dengan sundulan kepala, bola langsung masuk dipojok kanan kiper Khairul Fahmi, tanpa dapat dihalau.

Sontak, dengan gol diujung waktu pertandingan membuat Malaysia, berat menuju semifinal. Dengan waktu tersisa 8′ menit ditambah 3 menit waktu tambahan, Malaysia tidak dapat menambah gol. Dan pertandingan di menangkan Timnas Indonesia.

STATISTIK PERTANDINGAN

Indonesia berhasil memulangkan Malaysia dan memupus harapan menuju Semi Final Piala AFF 2020 di Singapore.

Dalam pertandingan 2 X 45 Menit, Malaysia unggul dalam penguasaan bola 53 persen berbanding 47 persen untuk Indonesia, dan Malaysia unggul dalam operan bola 312 Operan bola berbanding 278 untuk Indonesia.

Statistik Pertandingan

Sementara walau Indonesia kalah dalam penguasaan Bola, Indonesia dapat memanfaatkan tendangan gawang, dengan 7 tendangan ke arah gawang berbanding 3 tendangan ke arah gawang untuk Malaysia. Untuk tendangan juga Indonesia unggul 23 tendangan berbanding 7 untuk Malaysia.

Untuk tendangan sudut, walau kalah penguasaan bola, Indonesia kembali unggul, dengan tendangan sudut 9 untuk Indonesia berbanding 3 untuk Malaysia.

Atas kemenangan yang diraih Timnas Indonesia atas Timnas Malaysia, Indonesia berhak memimpin Klasemen Group B dengan nilai 10.

Klasemen Akhir Group A
Klasemen Group B

Walau nilai yang didapat Timnas Indonesia sama dengan Timnas Vietnam, Indonesia berhak memimpin puncak Klasemen karena unggul dari produktivitas gol yang diciptakan.

Selanjutnya, pada 22 Desember 2021, Timnas Indonesia akan menantang Timnas Singapore sebagai tuan rumah Piala AFF 2020, sementara Timnas Vietnam Runner Up Group B akan menantang Juara Group A Timnas Thailand.

Example 120x600