Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Tanjung Balai

Bawaslu Sosialisasi Peran Disabilitas Dalam Pilkada Tanjung Balai

96
×

Bawaslu Sosialisasi Peran Disabilitas Dalam Pilkada Tanjung Balai

Share this article

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungbalai menggelar sosialisasi peran disabilitas dalam pengawasan partisipatif pada Pilkada serentak tahun 2024. Kegiatan berlangsung di Aula Raja Bahagia Resto, Jumat pukul 09.00 WIB, (18/10/2024).

Ketua Bawaslu Tanjungbalai Dedi Hendrawan menyatakan bahwa penyandang disabilitas juga memiliki peran dalam pengawasan partisipatif pada Pilkada serentak. Pemilu tahun 2024 akan melibatkan pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Walikota, dan Wakil Walikota.

“Perlu kita ketahui, bahwa penyandang disabilitas ini juga memiliki peran dalam mensukses dan pengawasan pemilu di Kota Tanjungbalai,” ucap Dedi.

Ia juga menyampaikan, penyandang disabilitas juga merupakan warga Negara Indonesia yang sudah memiliki hak suara dalam menentukan pilihannya.

“Tujuan sosialisasi ini menyampaikan bahwa pengawasan partisipatif ini butuh dukungan seluruh elemen masyarakat terkhusus penyandang Difabel. Penyandang Difabel sendiri bisa aktif sebagai pengawas partisipatif yang tentunya dapat memberikan edukasi atau mengimplementasikan apa yang telah disampaikan oleh narasumber,” ujarnya.

Dedi menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat penyandang disabilitas tidak menggunakan hak suara. Di antaranya adalah faktor psikologi, kondisi sakit, ketiadaan pendamping, serta kurangnya sosialisasi.(F2/feryfadly).

Example 120x600