Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pendidikan

Dewan Pendidikan Sergai Lakukan Studi Tour ke MPK Aceh Singkil

11
×

Dewan Pendidikan Sergai Lakukan Studi Tour ke MPK Aceh Singkil

Share this article

Singkil ||delinews24.net-  Dewan Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai lakukan perjalanan studi tour ke Majelis Pendidikan Kabupaten (MPK) Aceh Singkil Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Kegiatan dilakukan pada Rabu-Sabtu, 13 – 16 September 2023 menggunakan Travel Perjalanan Darat dari Serdang Bedagai ke Singkil.

MPK Singkil lahir berdasarkan Qanun ( Perda Aceh)

Tentang Keistimewaan Aceh dengan melahirkan 1) MPU (Majelis Permusyawatan Ulama, 2) MPD / MPK (Majelis Pendidikan Daerah /sekarang jadi Majelis Pendidikan Kabupaten), 3) MAA ( Majelis Adat Aceh), 4) Baitul Ma'al.

MPK Aceh Singkil beranggotakan 15 Orang, dengan 6 Bidang, dan ditambah 6 orang Sekretariat dipimpin 1 orang Sekretaris (pejabat Eselon III). MPK Singkil, juga mengelola “urusan Beasiswa” Khusus Mahasiswa Asal Singkil yang ada di seluruh Perguruan Tinggi termasuk yg kuliah di Sumatera Utara.

Dewan Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara yang di pimpin oleh Bapak Drs.H. Sayuti Nur, M.Pd, Suasana hangat ini langsung di sambut oleh Ketua MPK Aceh Singkil Nasrin, S.Pd.I dan pengurus lainnya serta pihak kesekretariatan kantor MPK Aceh Singkil, kamis (14/9/2023)

Dalam sambutannya Nasrin

pertama sekali ucapkan ribuan terimakasih atas kunjungan rombongan dari Sergai ke Aceh Singkil dan rasa bahagia sekaligus kebanggaan tersendiri kepada kami bisa bersilaturahmi secara mendalam, sehingga ini jadi pengalaman yang berharga atas pengalaman-pengalaman kerja yg telah di terapkan selama ini.

Dalam sambutan Drs.H.Sayuti Nur, M.Pd, juga menyampaikan terima kasih atas sambutan baiknya kepada rombongan yang sudah siapkan sedemikian rupa lengkap dengan sajian makanan khas Singkil

Ada beberapa alasan rombongan untuk ingin Study Tiru ke MPK Aceh Singkil, diantaranya tentang proses beasiswa untuk mahasiswa yang kami dapat informasi yang beredar serta tentang kewenangan MPK Aceh Singkil.

Nasrin, menyahuti apa yang telah di sampaikan oleh ketua rombongan, bahwa Program Beasiswa yang di kelola oleh MPK selama ini bersumber dari APBD Kabupaten Aceh Singkil yang di peruntukkan kepada mahasiswa yang sudah memasuki semester empat keatas, tahun ini kita buat modifikasinya sedikit, yaitu kita bagi kepada beberapa kategori diantaranya Beasiswa Umum, Beasiswa Prestasi, dan Beasiswa Tugas Akhir yang Alhamdulillah proses untuk tahun anggaran 2023 ini akan segera terkirim ke rekening pribadi penerima, secara seremonialnya akan diserahkan pada hari Senin mendatang tanggal 18 September 2023 mendatang.

Selain itu juga kami terus berusaha untuk mencari informasi beasiswa program pemerintah dan sekaligus memfasilitasi kepada calon mahasiswa yang kurang mampu untuk mendapatkan beasiswa KIP-K.

Alhamdulillah tahun ajaran 2023 baru ini kita ada kerja sama dengan Universitas Abulyatama Aceh, Sebanyak 85 Mahasiswa asal Aceh Singkil lulus mendapatkan program KIP-K yang akan mereka dapatkan adalah biaya delapan semester gratis dan biaya hidup perbulan kurang lebih Rp750.000; selama delapan semester.

Semoga silaturahim ini mendapatkan keberkahan dan kesuksesan kepada kita semuanya, tutup Nasrin.

Rombongan Dewan Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai terdiri dari 9 orang, didampingi 2 orang Staf Dinas Pendidikan Serdang Bedagai.

Example 120x600