Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Asahan

Harga Sembako Naik Jelang Takbiran Di Asahan

9
×

Harga Sembako Naik Jelang Takbiran Di Asahan

Share this article
Dinsy Pedagang Sayur di Pasar Diponegoro Kisaran

Asahan | Delinews24.net – Jelang takbiran harga-harga bahan pangan di Kisaran terpantau mengalami peningkatan. Pantauan di Pasar Diponegoro Kisaran Kota kenaikan harga kebutuhan tersebut berkisar antara Rp 2.000-10.000 per kilogramnya.

Tim pewarta delinews24 yang turun langsung di tempat tersebut Kamis (09/04/2024) mencatat bawang merah mengalami lonjakan harga dari Rp40.000/kg menjadi Rp52.000/kg. Daging ayam menjadi Rp32.000/kg dari yang semula Rp25.000/kg.

Kondisi pasar diponegoro bagian penjualan daging sapi
Kondisi pasar diponegoro bagian penjualan daging sapi

Daging kambing dari harga Rp100.000/kg saat ini terpantau Rp 120.000/kg, sedangkan untuk daging sapi/lembu yang awalnya Rp130.000 sekarang naik menjadi Rp 150.000/kilogram. Sementara bawang putih, cabe merah, cabe rawit, tomat, telur, minyak, gula dan beberapa bahan lainnya relatif stabil.

Sudah seminggu alami kenaikan harga

Dinsy (28) pedagang bawang mengakui kenaikan harga sudah terjadi sejak 7 hari terakhir. Namun para petani dan kelompok pedagang sudah terbiasa dengan hal tersebut. Sudah menjadi kesepakatan bersama bahwa harga-harga pasti naik seiring dengan meningkatnya permintaan serta kelangkaan beberapa bahan pokok utama menjelang hari-hari besar atau musim liburan.

“Jelang lebaran, hari-hari besar dan liburan harga bahan pokok selalu mengalami kenaikan. Kurang tahu naiknya karena apa mungkin karena pekerjanya libur menjelang hari besar, sudah ambil cuti makanya petani cari orang untuk kerja cadangan dengan bayaran diatas standar bang. Tapi itu pun biasa dikompromikan lagi ke grup pedagang supaya kami tau mau jual berapa di pajak,” ungkap Dinsy.

Ditempat yang sama, Bu Eka seorang pembeli mengeluhkan kenaikan harga kebutuhan pokok yang mencapai Rp10.000 lebih. Ia merasa keberatan dengan kenaikan harga tersebut. Baginya selisih harga tersebut sangat memberatkan ekonomi kelas bawah seperti dirinya.

“Naiknya harga ini lumayan terasa juga bang, sampek sepuluh ribu sendiri. (Berat) kalau seperti awak ini ekonominya,” katanya.

Sementara harga-harga ikan juga ikut naik. Darman pedagang ikan laut mengatakan bahwa harga ikan kembung naik dari Rp40.000/kg menjadi Rp50.000/kg. Kenaikan signifikan terjadi untuk produk cumi dan udang. Harganya bisa mencapai ratusan ribu perkilogramnya. Diduga pemicunya karena pemasok ikan jarang yang masuk ke pedagang pasar.

“Harga ikan kembung, dari empat puluh ribu naek jadi limpol bang perkilo, kadang sampek 55000 pun bang. Lantaran bahan payah masuk bang, apalagi cumi-cumi dari harga 70 ribu jadi 100 ribu,” keluh Darman.

Example 120x600