Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
OLAHRAGA

Meski Menang China Gagal Geser Tim Garuda Pada Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

116
×

Meski Menang China Gagal Geser Tim Garuda Pada Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Share this article

Delinews24.net || Timnas Indonesia akhirnya menelan kekalahan pertama di babak ketiga Kualifikasi  Piala Dunia 2026 Zona Asia. Berhadapan dengan Timnas China, skuad Garuda tumbang dengan skor 2-1.

China berhasil unggul di laga ini berkat gol Behram Abduweli dan Zhang Yuning. Sementara Timnas Indonesia memperkecil kedudukan berkat gol Thom Haye.

Berkat kekalahan ini Timnas Indonesia tertahan di peringkat lima klasemen sementara grup C, sementara China tetap berada di dasar klasemen.

Meski menguasai bola, Indonesia kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya ke gawang Timnas China. Peluang pertama Indonesia di laga ini dilepaskan oleh Ragnar Oratmangoen melalui tembakan kerasnya dari luar kotak penalti. Namun sayang tembakannya masih melebar dari gawang China.

Timnas Indonesia justru kebobolan di menit ke-21. Berawal dari kesalahan Shayne Pattynama dalam menghalau bola, Jiang Shenglong berhasil meneruskan bola lalu disambar Behram Abduweli menjadi gol. China unggul 1-0 atas Indonesia.

Unggul 1-0, China semakin percaya diri untuk menyerang. Namun Indonesia juga meningkatkan intensitas serangan untuk menyamakan kedudukan.

Di menit ke-43, gawang Timnas Indonesia lagi-lagi kebobolan. Mendapatkan umpan dari Gao Zhunyi, Zhang Yuning lolos dari jebakan offside dan berlari ke arah gawang Indonesia lalu melepaskan tembakan yang sukses membobol gawang Indonesia. Gol ini sempat diperiksa VAR karena ada indikasi offisde, namun wasit akhirnya mengesahkan gol tersebut. Skor 2-0 menutup jalannya pertandingan di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong langsung melakukan tiga pergantian pemain. Witan Sulaeman, Shayne Pattynama dan Mees Hilgers ditarik keluar dan digantikan oleh Thom Haye, Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan.

Sejak kick off babak kedua dibunyikan, Timnas Indonesia kembali tancap gas. Dimotori Thom Haye, Skuad Garuda mulai membombardir pertahanan China. Namun China yang unggul 2-0 tidak mau ambil resiko. Mereka bertahan dengan sangat rapat sehingga Indonesia benar-benar kesulitan untuk menembus pertahanan China.

China juga beberapa kali melepaskan serangan balik yang cukup berbahaya. Namun serangan-serangan itu berhasil diredam lini pertahanan Indonesia. Memasuki 15 menit terakhir pertandingan, Timnas China mulai banyak mengulur waktu. Alhasil momentum yang dibangun Indonesia jadi tidak maksimal lagi.

Setelah terus mencoba, Timnas Indonesia akhirnya memperkecil kedudukan menjadi 2-1. Berawal dari kesalahan bek China dalam mengantisipasi lemparan ke dalam Arhan, bola jatuh dekat kaki Thom Haye dan berhasil melepaskan tembakan mendatar yang berhasil masuk ke gawang China.

Di sisa pertandingan, Timnas Indonesia terus mencoba untuk membuat gol penyama kedudukan. Namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 tetpa bertahan untuk kemenangan China.

Susunan pemain Timnas China (4-4-2): D.Wang; Li, Jiang, Browning, Gao; S.Wang, Xie, Li, Xie, Wei; Zhang, Abduweli

Pelatih: Branko Ivanovic

Timnas Indonesia (3-4-3): Maarten Paes; Calvin Verdonk, Jay Idzes, Mees Hilgers; Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Asnawi Mangkualam; Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Pelatih: Shin Tae-Yong

Example 120x600