Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
HeadlineNASIONALPOLITIK

Andika Ditugaskan PDIP Hadapi KIM Di Jawa Tengah

19
×

Andika Ditugaskan PDIP Hadapi KIM Di Jawa Tengah

Share this article

Delinews24.net – Andika ditugaskan PDIP hadapi KIM di Jawa Tengah.

Publik hari ini sempat terfokus menyimak acara penetapan calon kepala daerah gelombang ke-3 yang dilaksanakan kantor DPP PDIP Jakarta Senin, (26/08) mulai pukul 11.00 WIB untuk memastikan rumor-rumor berkembang tentang siapa calon pemimpin Jakarta yang akan diusung PDIP pasca aksi tuntutan pembatalan RUU Pilkada oleh DPR minggu lalu. Karena memang akibat peristiwa tersebut, PDIP seolah mendapatkan durian runtuh.

Namun pada akhirnya semua hanya bisa tersenyum dalam hati karena merasa di-prank, sebab Ketua Umum PDIP Megawati hanya menetapkan 6 pasang paslon kepala daerah saja, Jakarta dan beberapa daerah lain belum termasuk. Padahal jadwal pendaftaran sudah mulai dibuka esok, Selasa 27 Agustus 2024.

Adapun paslon yang telah diusung pada Pilkada serentak nanti adalah:

  1. Sulawesi Utara: Steven Kandouw-Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh
  2. Banten: Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi
  3. Jawa Tengah: Andika Perkasa-Hendrar Prihadi atau Hendi.
  4. Gorontalo: Hamzah Isa-Andurrahman Abubakar Bahmid.
  5. Nusa Tenggara Timur: Yohanis Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto.
  6. Kalimantan Utara: Andi Sulaiman-Andri Partono.

Nama-nama itu sendiri disebutkan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristianto di hadapan Ketua Umum mereka Megawati Soekarnoputri setelah melalui pidato dan cerita panjang hampir 3 jam. Dalam pidatonya tersebut Mega lagi-lagi menyinggung tentang kecurangan Pemilu yang TSM (Terstruktur, Systematis dan Masif) dengan beberapa penekanan kata yang seolah menantang untuk bertemu dengan Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit karena merasa belakangan PDIP terus menerus ditekan.

Nama Rosa penyidik KPK kembali muncul

Tak hanya itu, penyidik KPK yang bernama

Rosa kembali disebut-sebut oleh Megawati meskipun ia telah mengucapkannya pada pengumuman gelombang pertama dan kedua. Tampaknya Mega jengkel betul dengan sosok penyidik yang pernah memeriksa Hasto tersebut.

Megawati saat memberikan catatan-catatan penting pada saat pengumuman paslon Pilkada serentak di kantor DPP PDIP Jakarta
Megawati saat memberikan catatan-catatan penting pada saat pengumuman paslon Pilkada serentak di kantor DPP PDIP Jakarta

Seiring dengan dinamika politik yang terjadi pasca aksi massa pembatalan RUU Pilkada minggu lalu, Koalisi Indonesia Maju (KIM) sendiri diketahui sudah batal mengusung anak presiden Jokowi Kaesang Pangarep dan lebih memilih sosok mantan Kapolda Jawa Tengah, Lutfi Yasin yang berpasangan dengan Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin. Apalagi sudah terungkap, Kaesang sendiri sudah mengurus syarat-syarat pendaftaran ke kantor Kemenkumham Jawa Tengah

Namun Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad berkilah kalau KIM memang dari awal hanya mendukung pasangan Lutfi-Yasin.

“Jadi memang, ini jujur ya. Sebelum ada keputusan judicial review MK kita sudah berembuk untuk kemudian memang akan memasangkan di Jateng itu Pak Luthfi dengan Gus Yasin,” kata Dasco saat ditemui awak media di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (23/8/2024).

Dalam acara yang disiarkan live tersebut, tampak hadir putra Megawati yang juga Ketua DPP PDIP Bidang Ekonomi Kreatif Prananda Prabowo. Selain itu ada Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Kemudian Menteri PPPA Bintang Puspayoga, serta mantan Menkumham Yasonna Laoly.

Seperti yang diketahui sebelumnya, pada gelombang pertama pengumuman 14 Agustus, PDIP telah mengumumkan 305 kandidat kepala daerah yang akan dipilih untuk Pilkada 2024.

Pada gelombang kedua pada 22 Agustus, dia kemudian mengumumkan 169 calon kepala daerah dari PDIP. Di Kantor DPP PDIP di Jakarta hari ini, PDIP kembali mengumumkan 60 calon kepala daerah untuk gelombang ketiga.

Example 120x600