Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
SOSIAL-BUDAYA

Bejo Buruh Tani, Butuh Perhatian Pemkab Batubara

7
×

Bejo Buruh Tani, Butuh Perhatian Pemkab Batubara

Share this article

Batu Bara – Delinews24.net – Bejo (46) Warga Dusun Surya, Desa Bulan – Bulan, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, bersama istri dan tiga orang anaknya, sudah bertahun- tahun menempati gubuknya yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Batu Bara, Ratna bersama Dr. Ayu Lestari dan beberapa media, ketika melihat dikediaman Bejo, yang saat ini lagi sakit, kondisi rumahnya memang sangat memprihatinkan. “Kita akan segera melakukan penggalangan dana untuk membedah rumah Pak Bejo,” ungkap Ratna. Rabu (13/10/2021).

Miris juga kita melihat kondisi rumah Pak Bejo, lantai rumahnya nyaris tak terlihat lagi semennya, tidak ada dinding penyekat kamar dan tempat tidur yang layak, ucap Ratna yang di dampingi Ayu Lestari, Tim Kesehatan ACT Batu Bara.

Suasana Keadaan Kediaman Bejo

Sementara dinding rumahnya juga sudah main sokong kayu, dan didalam rumahnya lembab, sela Ayu Lestari yang juga sebagai Kabid Teritorial di ACT Batu Bara.

Bagaimana anaknya bisa belajar dengan nyaman dan sehat, kalau kondisi rumah seperti ini, ungkap Ayu yang juga sebagai tim kesehatan ACT Batu Bara.

Sementara Pak Bejo mengatakan, pekerjaannya selama ini sebagai buruh tani, terkadang ada kerjaan dua tiga hari, seminggu kosong.

“Saya mengambil upahan sama petani, kadang dalam sebulan paling kerjanya seminggu,” ungkap Bejo.

Dalam sebulan paling bisa dapat 1 juta, cukup nggak cukuplah pak, sementara dua anak saya masih sekolah tingkat SMP, kata Bejo.

Sementara istri saya juga ikut bantu jadi buruh tani, “ya lumayanlah pak, untuk bantu biaya hidup, apalagi saya sekarang sakit, kata bidan gejala tipus” ulas Bejo sambil menahan sakit.

Kepala Desa (Kades) Bulan – Bulan, Mahmuda, kepada media mengatakan, awal tahun 2020 Pemerintahan Desa Bulan – Bulan ada mendapat kuota 12 rumah, untuk dibedah dari provinsi, sebutnya

“Namun kendalanya warga tidak memiliki surat tanah, hak milik menjadi kendala termasuk rumah Bejo,” kata Mahmud.

Baru satu tahun ini Bejo memiliki surat tanahnya, karena si pemilik tanah yang dermawan telah memecah suratnya, karena prihatin dengan kondisi rumah Bejo, agar bisa dapat bantuan bedah rumah, ulas Kepala Desa.

Kita siapkan nanti segala kelengkapan administrasinya untuk diajukan bantuan bedah rumah, “mana yang duluan aja, ke Pemkab Batu Bara juga kita masukkan,” tambah Kades.

Sebagai Kades, saya sangat berterima kasih kepada ACT dan rekan – rekan media yang peduli dengan kondisi rumah Bejo, semoga dermawan yang lain juga turut membantu, harap Mahmuda.

Kalau diajukan tahun ini, mudah – mudahan bisa terealisasi di tahun 2022, dan selama ini juga sudah menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), pungkas Kades Bulan – Bulan.

Example 120x600