Selamat Idul Kurban
NASIONALPendidikan

Besaran Dana Bantuan Beasiswa Pendidikan Indonesia Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi

×

Besaran Dana Bantuan Beasiswa Pendidikan Indonesia Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi

Sebarkan artikel ini

Jakarta || delinews24.net

Kabar terbaru dari pemerintah baru-baru ini untuk para guru sertifikasi dan non sertifikasi di awal bulan Juni 2024. Dimana pihak Kementerian Pendidikan saat ini telah resmi membuka program Beasiswa Pendidikan Indonesia yang bernama ISWA Pendidikan Indonesia di tahun 2024 ini.

Informasi yang diperoleh untuk program tersebut memberikan bantuan Beasiswa Pendidikan Indonesia untuk para guru juga kepada seluruh tenaga kependidikan dalam hal melanjutkan pendidikan mereka dari jenjang S1 sampai dengan S3.

Program tersebut, juga menyediakan beberapa jenis beasiswa yang bisa langsung saja dipilih, mulai dari jenjang S1 sampai dengan jenjang S3.

Sementara untuk jenjang S1, beasiswa yang disediakan untuk calon guru SMK, PGSD, PJOK, pelaku budaya, serta juga berbagai macam beasiswa lainnya.

Sedangkan bagi jenjang S2, ada beberapa opsi untuk calon dosen, para pendidik perguruan tinggi akademik, serta juga S2 pendidik dan tenaga kependidikan.

Dan untuk jenjang S3, ada juga lima jenis pilihan Beasiswa Pendidikan Indonesia yang disediakan oleh pihak pendidikan Indonesia.

Proses pendaftaran untuk program tersebut juga sudah dibuka sejak dari tanggal 2 Mei Sampai dengan tanggal 15 Juni 2024.

Untuk proses pendaftaran bisa langsung saja dilakukan baik untuk kampus dalam negeri atau juga di luar negeri.

Hingga dengan saat ini, tidak sedikit juga pertanyaan yang seringkali muncul yaitu terkait dengan besaran komponen pembiayaan, termasuk juga di dalamnya ada biaya bulanan.

Walaupun untuk tahun 2024 besaran komponen pembiayaan sampai saat ini masih juga belum diumumkan, akan tetapi informasi dari buku panduan pencairan BPI Kemdikbud tahun 2023 bisa juga menjadi sebuah acuan.

Komponen pembiayaan bagi jenjang S2 dan S3 yakni meliputi biaya hidup bulanan, tunjangan buku, biaya penelitian untuk tesis atau disertasi, hingga dengan biaya transportasi.

Sementara perlu juga diketahui jika untuk biaya hidup bulanan bagi wilayah tertentu sebagaimana halnya kawasan Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang Selatan, hingga kawasan Surabaya yakni sekitar Rp4.7 Juta rupiah.

Dan untuk kota lainnya, biaya hidup bulanan yakni sekitar kurang lebih Rp4.3 Juta.

Tidak hanya itu, ada juga tunjangan buku yakni sekitar Rp10 juta per tahun untuk kawasan wilayah dalam negeri.

Biaya penelitian untuk tesis atau disertasi juga ditanggung, dengan jumlah bantuan yang beragam. Semua itu tergantung pada jenis penelitian serta juga jenjang pendidikan yang diambil.

Program tersebut memberikan dukungan finansial yang signifikan untuk para penerima beasiswa, sehingga dengan begitu maka mereka tidak perlu lagi merasa khawatir tentang biaya hidup selama masa studi berjalan.

Karena dengan adanya beasiswa tersebut, maka sangat diharapkan bisa untuk meningkatkan kualitas pendidikan guru serta juga tenaga kependidikan terlebih lagi di Indonesia.

Dan juga untuk pendekatan berbasis informasi yang terperinci, juga ketersediaan beberapa jenis beasiswa untuk berbagai jenjang pendidikan, maka tentu saja akan menjadikan program ISWA Pendidikan Indonesia.

Yang mana program tersebut menjadi salah satu program yang sangat diharapkan oleh banyak para guru serta juga untuk tenaga kependidikan khususnya di Indonesia sendiri di tahun 2024 ini.