Mandailing Natal

Camat Dan Forkopimca Siabu Hadiri Pelantikan PKD se. Kecamatan Siabu

Avatar photo
×

Camat Dan Forkopimca Siabu Hadiri Pelantikan PKD se. Kecamatan Siabu

Sebarkan artikel ini
Photo bersama usai Pelantikan PKD se Kecamatan Siabu

Camat Siabu Bersama Forkopimca Hadiri Pelantikan dan Pembekalan Pengawas Kelurahan / Desa se Kecamatan Siabu.

Madina, Camat Siabu, Sudarajat Putra Batubara S.H.,M.H, bersama Forkopimca Siabu, diantaranya Kapolsek Siabu, AKP.Jamal Nasution S.H.Mewakili Danramil 12 Siabu, Babinsa Koramil 12 Siabu, Sertu Edward Simanjuntak, mewakili Kepala KUA Siabu, Muhammad Iqbal S.Sos I, dan Pdt.Lian Jonathan Munthe S.Pd.K.

Hadir pula dalam acara tersebut, Ketua Panwaslu Kecamatan Siabu, Dedi Arlan S.H.dan Nisman S.Pd, Ihsan Siregar, Ketua PPK Kecamatan Siabu, Ikhsan Jaya Pulungan.

Kegiatan ini dilaksanakan di balai Desa Siabu, Minggu siang( 2/6).

Camat Siabu, Sudarajat Putra Batubara S.H.,M.H mengatakan selamat dan sukses atas pelantikan sebagai Pengawas Kelurahan/ Desa,” pegang amanat ini dengan jujur, dan tanggung jawab melaksanakan tugas sebagai pengawas pemilu di Desa / Kelurahan, karena saudara- lah yang menjadi ujung tombak dalam suksesnya Pemilu yang jujur, adil dan bijaksan,” ungkap mantan Camat Panyabungan Utara.

Ia juga menjelaskan PKD merupakan garda terdepan dalam pengawasan pemilu di Desa.Kita sebagai Negara yang berdemokrasi, masyarakat sangat menantikan kinerja dari PKD, janganlah menjadi pemain dalam pesta demokrasi, PKD harus netral dan tidak boleh memihak kepada siapa- pun, dan laksanakan tugas dengan sebaik baiknya.

Putra menceritakan bahwa dia sudah 4 kali bertugas di Kecamatan, dimana sebelumnya pernah bertugas sebagai Sekcam Puncak Sorik Marapi, selanjutnya menjadi Camat Panyabungan Utara, dan Camat Siabu.Sepanjang pengamatannya, banyak orang mencalonkan diri menjadi penyelenggara Pemilu,karena gaijinya yang tinggi, sehingga kualitas dan kuanttitasnya menjadi berkurang, karena motivasinya hanya karena gaji, seharusnya menjadi penyelenggara Pemilu, utamakan dulu tanggung yang tinggi, laksanakan tugas dengan sebaik baiknya dan kuasai dulu tugas pokok dalam bekerja .

” Saya menyakini, saudara – saudari semuanya yang dilantik pada hari ini, adalah orang orang yang terbaik, sudah mempunyai kinerja yang mumpuni dan sarat dengan pengalaman sebagai pengawas, karena saya melihat sebahagian besar yang dilantik adalah orang lama, hanya beberapa yang menjadi orang baru.Saya berharap pilkada nanti dapat berjalan lancar dan sukses, dan lakukan pengawasan secara profesional di Kelurahan/ Desa saudar -;saudari sekalian,”kata Putra.

Sebelumnya Kapolsek Siabu, AKP Jamal Nasution SH menegaskan laksanakan tugas dengan tanggung jawab, karena semua pekerjaan kita itu akan dipertanggung jawabkan kepada Allah SWT, karena anda sudah bersumpah menurut kepercayaan masing masing.

” Saat ini sudah masuk dalam tahapan pilkada, peran aktif sebagai PKD harus ditingkatkan, jangan buat berita hoaks dan kalau ada pelanggaran, agar segera melapor kepada kami.Untuk itu, saya harapkan mari kita sama sama bekerja sama dalam melaksanakan tugas di Kelurahan/ Desa,” katanya.

Senada juga dikatakan, Mewakili Danramil Siabu, Serda Edward Simanjuntak, Ketua PPK Kecamatan Siabu, Ikhsan Jaya Pulungan, Ketua Panwaslu Kecamatan Siabu, menegaskan kepada PKD agar melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya, jangan melanggar tugas yang diemban, karena akan kena sanksi administrasi, dan tidak tertutup kemungkinan terkena sanksi pidana, oleh karena laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, laporkan segera bila terjadi pelanggaran di Desa / Kelurahan masing masing.

Pengambilan sumpah PKD dibacakan langsung Ketua Panwascam Siabu, Dedi Arlan S.H, didampingi Nisman S.Pd dan Ihsan Siregar.
Untuk PKD yang beragama Islam, sumpahnya diambil Muhammad Iqbal S.Sos.I dan untuk beragama Kristen, sumpah diambil Pdt Lian Jonathan Munthe S.Pd.K. Setelah itu dilanjutkan dengan penanda tanganan fakta integritas, oleh seluruh PKD yang berjumlah 28 orang, disaksikan Panwascam, PPK, dan Forkopimca Siabu.

Untuk mengambil berkah dalam acara ini, Do’a dipimpin Muhammad Iqbal S.Pd.I dan dilanjutkan dengan acara salam salaman.( Zakaria)