Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
EkonomiSerdang Bedagai

Masyarakat Desa Bogak Besar Ikuti Pelatihan Pembuatan Nugget Ikan Tenggiri

21
×

Masyarakat Desa Bogak Besar Ikuti Pelatihan Pembuatan Nugget Ikan Tenggiri

Share this article

Teluk Mengkudu || Delinews24 net

Pelatihan pembuatan Nugget Ikan Tenggiri di Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sergai Klaudia Evinta Siregar, SKM, M.Kes pada Kamis (30/12/2021)

Pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir mengingat Desa Bogak Besar memiliki potensi sumberdaya ikan yang cukup memadai, dengan banyak penduduknya yang menjadi nelayan diharapkan kebutuhan Ikan Tenggiri sebagai bahan baku Nugget tersebut dapat terpenuhi. Sedangkan Pelatihan tersebut bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Pesisir Indonesia (YAKOPI)

Saat membuka pelatihan tersebut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sergai Klaudia Evinta Siregar, SKM, M.Kes mengungkapkan bahwa, perempuan harus maju kedepan guna meningkatkan ekonomi di masyarakat dan khususnya perekonomian keluarga. Maka dari itu diharapkan Pelatihan Pembuatan Nugget Ikan Tenggiri ini, dapat membantu mengerakkan perekonomian masyarakat mengingat Desa Bogak Besar ini adalah desa yang termasuk dikawasan pesisir pantai tentunya memiliki sumber daya ikan yang memadai sebagai bahan baku Nugget tersebut. 

“Perempuan sekarang ini harus maju kedepan guna turut serta dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan khususnya perekonomian keluarga, maka saya berharap pelatihan pembuatan Nugget Ikan Tenggiri ini dapat membantu menggerakkan perekonomian masyarakat mengingat Desa Bogak Besar ini adalah desa yang termasuk dikawasan pesisir pantai tentunya memiliki sumber daya ikan yang memadai sebagai bahan baku pembuatan Nugget Ikan Tenggiri,” ungkapnya.

Klaudia berharap, kedepan dari pelatihan ini dapat menjadi peluang usaha oleh masyarakat khususnya ibu-ibu, dengan memanfaatkan Handphone sebagai alat untuk memasarkan produk yang dihasilkan mengingat sekarang ini merupakan era digital. Namun tentunya yang harus diperhatikan adalah pengemasan produk agar para pembeli tertarik untuk membeli produk yang di hasilkan, karena pengemasan yang baik itu menentukan dalam pemasaran produk yang akan di pasarkan.

“Saya berharap kedepan, dari hasil pelatihan ini dapat menjadi peluang usaha bagi masyarakat yang khususnya para Ibu-ibu, dengan cara menggunakan Handphone sebagai alat untuk memasarkan produk yang dihasilkan. Hal tersebut sejalan dengan era digital sekarang ini, Namun tentunya yang harus diperhatikan adalah bentuk pengemasan produk agar para pembeli tertarik untuk membeli produk yang dihasilkan oleh kita disini, karena pengemasan yang baik itu menentukan dalam pemasaran produk yang akan dipasarkan dan pada pelatiha kali ini ibu-ibu bisa memperoleh ilmu bagaimana cara pemasaran yang baik berikut dengan cara pengemasannya”, papar Klaudia. 

Kemudian menurut Koordinator Pemberdayaan Masyarakat YAKOPI Rijalul Halimi mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan hari ini bertujuan untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk menggali potensi di desanya mengingat Desa Bogak Besar memiliki potensi ikan, selain pembinaan menanam dan pembibitan mangrove yang sudah di lakukan, YAKOPI juga berusaha meningkatkan ekonomi masyarakat dengan cara mengajak masyarakat berperan aktif pada dunia usaha. Maka dari itu pelatihan pembuatan Nugget Ikan Tenggiri di harapkan menjadi peluang usaha bagi warga Desa Bogak Besar.

“Pelatihan yang kita lakukan hari ini bertujuan untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk menggali potensi di desanya mengingat Desa Bogak Besar memiliki potensi ikan, selain pembinaan menanam dan pembibitan mangrove yang sedang dan yang sudah kita lakukan, kita juga berusaha meningkatkan ekonomi masyarakat dengan cara mengajak masyarakat berperan aktif pada dunia usaha kreatif. Maka dari itu pelatihan pembuatan Nugget Ikan Tenggiri ini di harapkan menjadi peluang usaha bagi warga Desa Bogak Besar khususnya ibu-ibu rumah tangga yang ada di desa ini, guna membantu perekonomian rumah tangga mereka” ungkap Halimi.

Sedangkan Kepala Desa Bogak Besar Syahrum S.Pd.I mengucapkan terimakasih kepada YAKOPI dan Dinas Kelautan dan Perikanan Sergai yang telah melaksanakan pelatihan pembuatan nugget di desanya, semoga dengan pelatihan ini dapat membuka peluang usaha bagi warganya sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

“Saya mengucapkan termakasih kepada Yayasan Konservasi Pesisir Indonesia (YAKOPI) yang sudah melaksanakan pelatihan pembuatan Nugget Ikan Tenggiri di desa saya, semoga pelatihan ini dapat menjadi peluang usaha untuk warga saya sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan menambah pendapatan warga saya” tuturnya.

Example 120x600