Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pendidikan

Pengabdian dan Penelitian Mahasiswa KKN DR 80 UIN-SU di Pekan Dolok Masihul

10
×

Pengabdian dan Penelitian Mahasiswa KKN DR 80 UIN-SU di Pekan Dolok Masihul

Share this article

SERGAI,| delinews24.net – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan satu di antara bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa.

Bertempat di Kelurahan Pekan Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (16/7).

Sebanyak 30 Mahasiswa/I UIN-SU dibuka oleh Lurah Pekan Dolok Masihul. “Tema KKN Dari Rumah (DR) UIN-SU Periode 2020/2021 ini adalah kembali ke Desa benahi Desa Berbasis Moderasi Beragama Dan Wahdatul Ulum.”

KKN ini akan berlangsung selama satu bulan dengan melakukan segala kegiatan-kegiatan yang bersifat positif seperti gotong royong bersama masyarakat, sosialisasi kepada ibu/bapak dan juga tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Acara pelepasan KKN tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kelurahan, aparat Kepolisian/TNI, BKPRMI, Palang Merah Indonesia, Sergai Youth Forum dan seluruh Tokoh-Tokoh Masyarakat setempat.

Sementara penerjunan mahasiswa di lokasi KKN dilaksanakan pada hari Kamis 15 Juli 2021.

Penerjunan dan serah terima mahasiswa KKN ditandai dengan pemakaian bet name oleh lurah setempat.

Dalam acara penerjunan tersebut, disampaikan bahwa sesuai dengan Perjanjian Mahasiswa dan Lurah Pekan Dolok dengan bentuk Pengabdian dan penelitian di desa tersebut. Program unggulan yang dilaksanakan oleh mahasiswa berbasis pemetaan digital wilayah desa, sekaligus moderasi beragama dan juga pengembangan wisata desa di lokasi KKN tersebut.

Sebelum penerjunan ini, mahasiswa telah dibekali oleh materi-materi yaitu Attitude, peta digital, desa wisata, infrastruktur, Teknologi Tepat Guna, serta materi-materi potensi dan isu-isu dari pihak Desa dan Kecamatan.

“Harapannya melalui kegiatan KKN ini, mahasiswa dapat merealisasikan teori dan ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan ke lingkungan masyarakat melalui program-program yang sudah direncanakan. Setelah lulus nantinya, seluruh mahasiswa mampu menciptakan solusi bagi permasalahan yang ada,” tutup Kepala Lurah Pekan Dolok, Husnul Arifin.

Sementara Khoiruddin selaku Ketua KKN juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada pihak kelurahan dan juga jajaran pemerintahan setempat yang telah menyambut kedatangan kami dengan baik, semoga niat dan tujuan kami ini dapat terlaksana nantinya, ujarnya.

Terpantau acara ini pun berjalan dengan lancar serta juga diakhiri dengan sesi poto bersama.

Example 120x600