Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
OLAHRAGA

Penuh Drama dan Keajaiban, Indonesia Melaju Ke Final Piala AFF 2020

4
×

Penuh Drama dan Keajaiban, Indonesia Melaju Ke Final Piala AFF 2020

Share this article

Singapura || Delinews24.net – Laga Indonesia Versus Singapura di Leg II Piala AFF 2020 di Stadium National Singapore, secara dramatis dan keajaiban dimenangkan Timnas Indonesia dengan hasil akhir 4-2 (agregat 5-3). Sabtu (25/12/21).

Pertandingan yang penuh emosional dan sport jantung bagi pecinta sepak bola Indonesia, harus diakhiri dalam waktu 120 menit, waktu Extra Time.

Apa pasal !, Singapura dengan sisa 8 pemainnya, nyaris memupus harapan anak-anak Garuda melaju ke partai final.

Dengan semangat juang pantang menyerah, dihadapan ribuan pendukung nya, Singapura meladeni permainan Indonesia secara terbuka, dengan serangan silih berganti oleh kedua kesebelasan.

Foto Ist (sumber PSSI) : Asmawi, Egi dan Witan saat merayakan gol

Fakta ini tersajikan, ketika The Lions julukan Singapura dikejutkan gol diawal waktu 15 menit awal pertandingan, Ezra William sang striker dapat membobol gawang Hassan Sunny pada menit ke 12′ melalui serangan cepat yang dibangun Witan Sulaiman dari sisi kiri lapangan Singapura.

Diakhir babak pertama ini lah, tensi permainan semakin tinggi, setelah wasit memberikan kartu merah diujung babak pertama kepada Safuan Baharudin (45 + 2′), akibat pelanggaran nya dengan sengaja menyikut bek Timnas Indonesia, saat akan dilakukan tendangan bebas.

Namun, dari tendangan bebas ini, Singapura mengejutkan Indonesia dengan gol cantik Song Ui-yong (45+2′) diujung babak pertama. Hasil imbang 1-1 diseparuh waktu pertandingan.

Masuk babak kedua, drama kembali tersajikan, pemain belakang Singapura, Irfan Fandi diberikan kartu merah dimenit ke 67′, setelah aksinya melanggar pemain Indonesia.

Kehilangan dua pemain akibat kartu merah, Singapura bukan bermain dengan gaya bertahan, walau digempur habis-habisan oleh Indonesia setelah bermain dengan 9 orang. Singapura kembali mengejutkan Indonesia dan menggemuruh riuh kan seisi stadiun dengan kembali mencetak gol kedua.

Sama dengan skema gol pertama, Singapura menciptakan peluang dari tendangan bebas, tendangan Shadan Sulaiman mengarah deras tanpa dapat dihalau Nadeo Agrawinata di menit ke 67′, Singapura ungguli Indonesia 2-1.

Indonesia baru dapat kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2, di akhir menit babak kedua (87′), melalui Pratama Arhan memanfaatkan bola sapuan Hassan Sunny dari tendangan Witan Sulaiman.

Kembali drama tersajikan dibabak akhir, selang 3 menit pasca gol Pratama Arhan, bek Indonesia tersebut, melakukan pelanggaran di area kotak Pinalti Indonesia, dengan menjatuhkan Shawal Anuar pemain Singapura, sontak Wasit memberikan hadiah pinalti untuk Singapura.

Foto Ist ( Sumber PSSI), Nadeo Agrawinata menepis Tendangan Faris Ramli

Keajaiban ini lah datang untuk Indonesia, Singapura dengan 9 pemainnya hampir saja memupuskan harapan ribuan pecinta Sepak Bola Indonesia, jika Faris Ramli Stiker berpunggung 10 Singapura, dapat mengeksekusi pinalti dengan sempurna, maka dipastikan Indonesia gagal melaju ke Final

Nyata nya!, Nadeo Agrawinata lah kiper Indonesia, yang menjadi momok kegagalan Singapura melaju ke Final, dengan tepat dirinya menepis arah tendangan Faris Ramli di kotak 12 pas.

Dari kegagalan Pinalti Singapura, anak-anak Garuda mendapat angin segar untuk kembali bangkit.

Terbukti, diawal perpanjangan waktu, Indonesia melalui skill Egi Maulana Vikri yang meliuk liuk diare pinalti Singapura, membuat bek pertahanan Singapura kalut, dan akhir nya, Shawal Anuar bek Singapura di menit (91+1′) babak Extra Time, melakukan gol bunuh diri akibat salah mengantisipasi bola sodoran Egi ke Irfan Jaya.

Setelah gol bunuh diri, mental pemain Singapura turun dan pertahanan Singapura digempur habis habisan oleh striker Indonesia. Akibat dari gempuran yang terus dilakukan Indonesia, kembali Indonesia melalui Egi Maulana Vikri menambah pundi gol Indonesia di menit (107+2′), Indonesia unggul 4-2.

Foto Ist (Sumber PSSI), Hassan Sunny Kiper Senior Singapura berhadapan dengan Witan Sulaiman, Hassan Sunny yang bermain gemilang dipertandingan melawan Indonesia,

Diujung babak Extra Time, kembali pemain Singapura diberikan kartu merah, kali ini sang kiper yang sangat bermain dengan ciamik, terpaksa mematikan pergerakan Irfan Jaya yang telah bebas dengan pelanggaran keras diluar kotak pinalti.

Keputusan diambil Hassan Sunny, jika tidak!, dipastikan Indonesia akan kembali unggul.

Disisa waktu 1 menit, diujung babak Extra Time, bermain dengan 8 orang, Singapura akhirnya mengakhiri pertandingan dengan keunggulan Indonesia 4-2 (agregat 5-3).

Selanjutnya, Indonesia berhak melaju ke babak Final, leg I akan diselenggarakan pada Rabu tanggal 29 Desember 2021 DNA dilanjutkan pada leg II tanggal 1 Januari 2022, menanti pemenang antara Thailand dan Vietnam, yang Leg II Semi Final akan diselenggarakan hari ini, Minggu 26 Desember 2020.

Example 120x600