Selamat Idul Kurban
NASIONALPendidikan

PT. Inalum Peduli Pendidikan Selama Tahun 2023, Apa Saja?

Avatar photo
×

PT. Inalum Peduli Pendidikan Selama Tahun 2023, Apa Saja?

Sebarkan artikel ini

MEDAN | Delinews24.net – PT Indonesia Asahan Aluminium atau INALUM sepanjang tahun 2023 memfokuskan komitmen terhadap pembangunan pendidikan pada dukungan pengembangan infrastruktur fisik pendidikan, pengembangan SDM Siap Kerja, dan Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Selasa di Sumatera Utar 28 Mei 2024.

Corporate Secretary INALUM Mahyaruddin Ende menyebut komitmen tersebut dibuat sebagai kepedulian perusahaan dalam pengembangan dasar SDM disekitar perusahaan, khususnya dalam rentang usia dini dan SMA/SMK keahlian.

”INALUM berkomitmen untuk melakukan pengembangan SDM sekitar perusahaan dalam rentang usia dini dan SMA/SMK keahlian. Beberapa program tersebut dilakukan berkolaborasi dengan berbagai kelompok masyarakat.

Tentu kedepan kami memohonkan dukungan dari berbagai pihak dan berterima kasih karena telah mendukung dan berkolaborasi bersama dalam meningkatkan SDM masyarakat,” ujar Mahyaruddin.

Pada tahun 2023 fokus penyaluran TJSL INALUM adalah di bidang Pendidikan, Lingkungan, dan UMKM. Khusus untuk pendidikan, ada tiga kelompok bantuan yang disampaikan oleh INALUM kepada masyarakat yaitu: Perbaikan Gedung dan Sarana Pendidikan, Beasiswa Industri, dan Pembinaan Paud.

Program perbaikan infrastruktur sekolah ini di latar belakangi oleh masih banyaknya sekolah di sekitar Perusahaan yang sarana dan prasarana pendikianya kurang memadai. Dimana dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) belum dapat mengakomodir seluruh kebutuhan sarana dan prasarana sekolah.

Program ini memiliki tujuan membangun/ renovasi/ Perbaikan Gedung sekolah agar menjadi layak dan nyaman untuk kegiatan belajar dan mengajar.

Dan, diharapkan dapat memberikan dampak manfaat positif berupa kegiatan belajar mengajar menjadi lebih nyaman dan aman serta sarana dan prasarana Pendidikan menjadi lebih layak pakai. Selama 2023, setidaknya ada 25 sekolah mendapatkan bantuan demi meningkatkan kenyamanan belajar mengajar.

Sementara untuk beasiswa, pada tahun 2023, terdapat sebanyak 100 orang penerima beasiswa.

Penerima beasiswa merupakan mahasiswa/ mahasiswi yang memiliki keterbatasan finansial yang terpilih melalui seleksi internal yang dilaksanakan oleh INALUM.

Para penerima beasiswa merupakan mahasiswa/ mahasiswi yang tengah menempuh pendidikan di Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang berasal dari 10 (sepuluh) kota/kabupaten yang termasuk dalam wilayah kerja utama TJSL INALUM.

Dalam pelaksanaan rangkaian program pemberian beasiswa S1 merupakan hasil sinergi dengan beberapa mitra strategis, yaitu Yayasan Karya Salemba Empat (KSE), Paguyuban KSE Universitas Sumatera Utara, Paguyuban KSE Universitas Negeri Medan, dan Paguyuban KSE Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Proses inisiasi dan pengembangan PAUD telah dilakukan sejak tahun 2017, bekerja sama dengan beberapa mitra strategis, yaitu Pengurus PAUD INATA dan Bunda PAUD Batu Bara.

Melihat dampak positif yang dirasakan, INALUM akan terus melanjutkan Program PAUD INATA.

Program PAUD INATA akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan hingga PAUD INATA dapat sepenuhnya beroperasi secara mandiri.

Program TJSL ini hadir sebagai wujud nyata perhatian INALUM terhadap masyarakat dan lingkungan disekitar Perusahaan.

Sesuai mandat dari pemegang saham Perusahaan saat ini fokus pada peningkatan perekonomian, peningkatan kualitas pendidikan, dan turut menjaga kelestarian lingkungan.

Komitmen terus menerus dalam pelaksanaan TJSL yang tepat sasaran menjadi salah satu perwujudan misi dan strategi jangka panjang Perusahaan, hal ini sejalan dengan tujuan dari TJSL itu sendiri, bahwa selain untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan TJSL juga kami maknai sebagai pelindung bisnis Perusahaan yang tentu dalam praktiknya kami berharap dengan TJSL ini kami mendapatkan dukungan dari masyarakat sehingga operasional dan bisnis Perusahaan dapat berjalan dari waktu ke waktu, tutup Mahyaruddin. (Jbond007)